Sabtu, 10 Juli 2021

Inilah 5 Pekerjaan untuk Mencari Duit di Internet

Pandemi COVID-19 memang sangat berdampak pada kondisi pemasukan finansial banyak orang. Di PHK perusahaan hingga bisnis morat-marit masih terus membayangi. Kondisi sulit seperti sekarang ini mau tak mau Anda harus cari solusinya dengan mendapatkan penghasilan tambahan via online.

Hanya dengan modal laptop dan internet, Anda punya peluang untuk mencari tambahan penghasilan yang juga tidak memerlukan modal besar. Hanya dengan skill dan otak saja sebenarnya peluang mencari duit secara online akan jadi lebih besar dapatnya dari pekerjaan utama Anda.

Akan saya sebutkan 5 pekerjaan tambahan yang mungkin bisa Anda coba kerjakan dari rumah yang sudah sesuai protokol kesehatan seperti jaga jarak. Nah, berikut ini 5 ide mencari penghasilan tambahan dari rumah via online.

Baca juga : Ibu Rumah Tangga, Inilah Usaha Online yang Laris saat Pandemi

1. Menulis Blog atau Web Pribadi

Walau sedang marak dan makin berkembangnya konten video dan podcast, tapi faktanya menulis blog masih menjanjikan lho. Apalagi bagi Anda yang hobi dalam menulis artikel seperti konten olahraga, kuliner, traveling, teknologi, atau hal lainnya, kalian berpeluang mendapatkan passive income.

Perlu diketahui, modal utama dalam mencari duit di internet adalah dengan menulis, jika Anda bisa melakukannya, maka peluangnya sangat besar. Kemudian untuk mendapatkan uang, promosikan blog dan tulisan-tulisan Anda di media sosial agar lebih banyak orang yang baca. Bisa juga Anda belajar ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Setelah blog punya banyak pengunjung, Anda dapat mulai mendaftar sebagai publisher (penerbit iklan) di website penyedia advertising (pemberi iklan), yang paling populer sih Google Adsense. Tapi masih banyak kok sebenarnya selain itu.

Kemudian selain memasang iklan, Anda juga bisa menjual jasa iklan di blog, atau menulis sebuah artikel untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Jangan lupa untuk terus konsisten dan rutin dalam mempublikasikan tulisan Anda, agar bisa terus dilirik oleh advertising content. 

2. Jadi Distributor atau Reseller

Dengan pembatasan sosial dan berkurangnya pengunjung di toko, otomatis pemilik harus memutar otak untuk menjual dagangannya dengan cara menjual di marketplace atau toko online. Karenanya sekarang jualan online semakin menjadi tren. 

Peluang ini bisa menjadikan Anda untuk menjajal sebagai distributor atau reseller barang dari pemilik toko yang tutup. Anda bisa cek di instagram atau bisa langsung ke marketplace yang jualan grosiran. Produk yang biasanya dijual bermacam-macam seperti fashion, makanan ringan, minuman, alat kesehatan, perawatan atau kecantikan hingga frozen food.

3. Jadi Freelancer

Setiap orang punya keahliannya masing-masing, jika Anda bingung keahlian Anda apa, bisa lihat dari hobi Anda sendiri saja. Karena setiap keahlian yang Anda miliki adalah aset untuk menghasilkan income. Anda bisa menjual kemampuan sebagai jasa dari pihak-pihak yang membutuhkan.

Banyak pekerjaan freelance yang bisa Anda coba misalnya menjadi penulis artikel lepas, copywriter, transkrip, admin media sosial, web designer, graphic designer, upload produk, digital marketing, editor video dan jasa lainnya.

Ada banyak website marketplace freelance yang ada di Indonesia macam Freelancer Indonesia, FastWork, Sribulancer dan lainnya. Bisa juga mencoba peruntungan di marketplace freelancer website luar yang dibayar pakai dolar seperti Freelancer.com, Fiverr, Upwork, dan masih banyak lagi.

4. Jadi Guru Les Online

Tidak semua orang tua yang paham dengan pelajaran tertentu seperti Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika dan lainnya. Untuk itu, peluang untuk jadi guru les online bisa dilakukan.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, banyak orangtua merasa repot karena harus menemani anak-anaknya belajar sambil tetap bekerja dari rumah. Anda dapat menawarkan jasa mengajar dengan mengandalkan video call lewat WhatsApp, Zoom, Meet dan lainnya.

5. Jualan Foto di Internet

Ada banyak situs di internet yang memberikan akses foto-foto secara gratis maupun berbayar. Situs seperti ini disebut sebagai stock website dan orang-orang yang berkontribusi mengirimkan karya grafisnya disebut stock artist.

Kalau punya hobi dan keahlian fotografi, kalian bisa menjual karya sebagai stok foto di situs-situs seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain. Selain bisa jadi cuan, situs stock foto ini juga bisa jadi wadah bagi orang-orang yang mengagumi karya kalian dan menjadi portfolio pekerjaan.

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.