Cara Upload File Website ke Hosting Gratis

Author: Ajeng Tria Label: , , , ,
Pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada kamu bagaimana cara upload file website tugas akhir agar bisa online dengan cara memasukkannya kedalam sebuah hosting gratis di idhostinger. Sebenarnya banyak sekali penyedia hosting website serta domain yang murah, salah satunya hosting berkualitas ini.

Buat kamu yang belum tahu apa itu hosting? Hosting merupakan tempat atau wadah untuk menyimpan data atau file website yang kita punya. Nah, kali ini saya akan membagikan cara upload file website yang kita buat dengan hosting gratis idhostinger, karena hosting ini banyak yang memakainya untuk sekedar belajar cara membuat website kemudian meng-online-kannya. Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia hosting, tutorial ini sangat cocok buat kamu.



Sebelumnya saya juga telah membuat postingan mengenai contoh web tugas akhir ecommerce yang sudah saya upload juga ke idhostinger, maka kesempatan kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara agar kita dapat membuat website yang kita buat bisa di akses oleh orang lain serta juga menggunakan layanan di idHostinger secara gratis. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan kamu menuju ke situsnya di alamat www.idhostinger.com

2. Lalu Buatlah akun baru disana dengan klik tombol Buat Akun di pojok kanan atas
3. Setelah itu kamu akan masuk ke halaman form pendaftaran, isi datanya dengan lengkap. Pastikan e-mail yang kamu gunakan aktif untuk konfirmasi akun nantinya.
4. Selesai mendaftar cek email konfirmasi dan balik ke situs www.idhostinger.com kemudian lakukan login dengan data sudah kamu daftarkan tadi.

5. Kamu akan masuk ke halaman cpanel, kemudian pilih menu Hosting > Pilih Order Hosting Baru.
6. Karena kita mau yang gratis order yang gratis saja, Klik Order.

7. Tentukan alamat website yang akan kamu pakai contoh disini saya menggunakan nama : tutorialhosting, kemudian pilih sub domainnya. Tentukan password untuk masuk kedalam pengolahan website. Lihat gambar!
8. Jika sudah maka klik lanjutkan, maka akan muncul konfirmasi order.

9. Masukkan kode captcha lalu check pada ketentuan layanan dan kemudian klik order.
10. Setelah berhasil maka kamu akan dibawa masuk ke daftar akun hosting kamu. Maka alamat website sudah berhasil dibuat dan siap untuk di upload file website kamu.

11. Langkah selanjutnya klik alamat websitenya kemudian pilih kelola, Lihat gambar!
12. Catat dan ingat bagian yang saya lingkari merah, ini digunakan nantinya untuk mengkoneksikan file website dengan hosting.
13. Buat terlebih dahulu database mysql, dengan cara klik menu MySQL.
14. Masukkan nama database, user dan password database. Password ini akan digunakan untuk masuk ke dalam phpmyadmin. Kemudian klik tombol Buat, seperti gambar dibawah ini
15. Jika sudah, klik menu nama database, lalu kamu klik phpmyadmin seperti gambar dibawah ini.
16. Kemudian lakukan import database localhost kamu ke database di akun idhostinger. Jika kamu bingung cara import database, kamu bisa cari dulu di google, mudah kok.

17. Sekarang kita akan mengupload file website nya. Disini sabagi yang belum menginstala silahkan unduh terlebih dahulu disini.

18. Masukkan alamat website, user dan password yang sudah saya suruh catat diatas pada no. 12, kemudian klik Koneksi cepat. Seperti gambar dibawah ini.
19. Setelah selesai terkoneksi masuk ke directori public_html maka selanjutnya upload semua data kecuali file koneksi database dari menu sebelah kiri.

20. Setelah berhasil maka akan muncul di menu sebelah kanannya, yang artinya file website kamu sudah terupload di directori public_html kamu.

21. Sekarang langkah terakhir kita akan merubah file koneksi database kita yang akan kita sesuaikan dengan nama database online kita. Untuk nama database misalnya "u349458428_dbase", user = "u349458428_fuad" dan server="mysql.idhostinger.com".

22. Kemudian upload lagi folder koneksi dengan cara klik kanan folder koneksi di menu sebelah kiri pilih upload.

23. Selesai sampai disini maka setting website kita sudah selesai, tunggu beberapa saat untuk memastikan konfigurasi berhasil. Dan website kamu bisa diakses di internet oleh banyak orang.

Semoga tutorial cara upload file website tugas akhir diatas bisa kamu terapkan dan kemudian website kamu berhasil di akses oleh banyak orang, semoga bermanfaat.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »