Ciri Ciri Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya seperti kacang. Sebagai bagian dalam sistem urin, fungsi ginjal yaitu menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ciri ciri penyakit ginjal menurut para dokter cukup banyak, karena ginjal merupakan organ yang memfilter zat yang tidak berguna dalam tubuh.

Setelah sebelumnya saya juga pernah membahas tentang kesehatan terutama dalam hal penyakit, anda bisa baca artikel ciri ciri penyakit jantung dan ciri ciri diabetes. Baik kembali kepada pokok bahasan kali ini mengenai ciri ciri penyakit ginjal yang sebagian orang masih kurang tahu tentang gejala ginjal.

Bisa anda bayangkan jika pada ginjal anda mengalami gangguan, sudah bisa dipastikan urin anda pun juga akan mengalami gangguan akibat ginjal ini. Oleh karena itu, sangat penting buat anda untuk mengetahui lebih jauh tentang penyakit ginjal agar anda bisa mencegahnya sejak dini.


Ciri Ciri Penyakit Ginjal Menurut Dokter

Ciri ciri penyakit ginjal sebenarnya cukup susah untuk diketahui sejak dini dan biasanya banyak kasus di mana penyakit ginjal baru diketahui setelah penyakit sudah semakin parah tentunya anda tidak mau hal ini menimpa pada anda.
ciri ciri penyakit ginjal
Perlu anda ketahui bahwa penyakit ginjal sendiri ada beberapa macam, dan nantinya akan saya ulas pada subjudul yang ketiga, mari kita simak saja gejala ginjal dibawah ini yang saya sarikan dari wikipedia.
  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Mual dan muntah Sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Jenis Pada Ciri Ciri Penyakit Ginjal

Baik seperti saya sudah katakan tadi, pada subjudul ini saya akan membahas mengenai jenis atau macam dari penyakit ginjal yang sering dialami oleh penderita.

1. Gagal Ginjal
Suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara dan penyebab gagal ginjal adalah volume darah yang kurang, dehidrasi, obat obatan gangguan aliran darah, sistem imun berlebihan, kerusakan otot dan perandangan akut pada glomerulus. Gejalanya adalah mudah lelah, keperingan, dan lain lain.

2. Kanker Ginjal
Kanker ginjal yaitu jenis penyakit ginjal yang terdapat pada ginjal atau Tubulus Renal Proksimal, kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel. Kerusakan sel itu sendiri disebabkan obanyak hal, dari obat obatan sampai dengan virus. Gejalanya adalah rasa nyeri pada bagian pinggang.

3. Diabetes Melitus
penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine terjadi karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak dapat menyerap kelebihan glukosa.

4. Hematuria
Penyakit yang ditandai sel darah merah pada urine. Disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iri akibat gesekan batu ginjal. Gejalanya adalah berubahnya warna urin pada penderita.

5. Polyuria
Polyuria adalah penyakit ginjal dimana eksresi urine yang besar dalam periode tertentu. Penyebabnya adalah pada medula ginjal. Gejala penyakit ini adalah banyaknya melakukan eksresi.

6. Batu Ginjal
Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kantung kemih. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air. gejala penyakit ini adalah sulitnya eksresi pada penderitanya.


Pencegahan Penyakit Ginjal

Nah dibawah ini merupakan pencegahan yang harus anda lakukan jika memang anda terdeteksi bahwa anda mengalami penyakit ginjal, akan tetapi saran saya periksa terlebih dahulu ke dokter yang lebih tahu masalahnya. Untuk lebih jelasnya simak pencegahannya dibawah ini.
ciri ciri penyakit ginjal
1. Kontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi kronis merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya gagal ginjal akut pada laki-laki dan perempuan dewasa.

2. Berhenti merokok
Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal. Selain dapat mencegah terjadinya gagal ginjal, berhenti merokok juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Suplemen bawang putih
Tanyakan pada dokter mengenai kemungkinan untuk mengambil suplemen bawang putih. Suplemen ini harus diminum di bawah pengawasan dokter.

4. Minum banyak air putih
Meskipun ginjal sudah mengalami kerusakan, namun biasanya masih bisa memproses air putih. Cobalah untuk minum air putih minimal delapan gelas setiap hari.

5. Memeriksa darah dan urin
Lakukan pemeriksaan darah dan urin secara rutin ke dokter. Pemeriksaan ini akan melihat adanya masalah pada ginjal yang muncul meskipun tanda dan gejalanya belum nampak atau dirasakan.

6. Kurangi makanan berlemak
Lemak sendiri dianggap sebagai menyuplai penyakit kolesterol dalam tubuh dan dapat mempengaruhi ginjal karena darah yang meningkat.

7. Olah Raga Teratur
Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Olah raga yang teratur walaupun ringan akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olah raga berat namun tidak teratur. Misalnya Anda bisa melakukan jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu.

Demikianlah beberapa informasi mengenai ciri ciri penyakit ginjal dan cara mencegahnya yang bisa saya sampaikan, semoga bisa kita bisa menjaga kondisi tubuh agar selalu diberikan kesehatan terus.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | |