Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Contoh proposal usaha yang baik dan benar, laporan proposal untuk membuka usaha, telah menjadi alat komunikasi yang tak terbantahkan bagi para wirausahawan untuk menjelaskan profil usaha yang akan digarapnya. Wirausahawan harus dapat mencerminkan pribadi di dalam pembuatan contoh proposal usaha yang dibuat.
Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar
Contoh Proposal Usaha
Seorang wirausahawan untuk contoh proposal usaha harus original dan tentunya berbeda cara menyusunannya, dan tidak sekedar menyalin proposal usaha dari orang lain. Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang berupa gambar semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru.

Komponen Contoh Proposal Usaha

Penyusunan draft contoh proposal usaha umumnya tidak baku namun secara umum proposal usaha harus disusun berdasarkan analisis wirausaha terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi. 

Informasi yang kami ambil dari wikipedia dan umumnya tercakup dalam sebuah contoh proposal usaha adalah :
  • Uraian usaha
  • Produk
  • Lokasi
  • Pasar
  • Persaingan
  • Laporan keuangan
  • Manajemen usaha
  • Personalia
  • Proposal kredit
  • Lampiran lainnya
A. URAIAN USAHA
Pada bagian ini wirausaha dapat memberikan penjelasan singkat tentang usaha yang sedang atau akan dijalankan, latar belakang pemilihan bidang usaha dan prospek usaha dimasa mendatang, keunggulan bidang usaha yang dipilihnya, kendala–kendala bisnis beserta antisipasi pemecahannya.

B. PRODUK
Spesifikasi produk diuraikan secara rinci mulai dari bentuk, ukuran, jenis, kegunaan, keistimewaan  kuantitas hasil produk setiap periode dan lain-lain.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan wirausaha dalam memilih produk yang akan dihasilkan adalah :

1.      Permintaan konsumen terhadap produk
2.      Kebutuhan konsumen yang bellum teridentifikasi
3.      Daya beli konsumen
4.      Persaingan dalam pasar
5.      sumber-sumber daya yang menunjang produksi

C. LOKASI
Lokasi usaha harus dicantumkan dalam contoh proposal usaha karena lokasi merupakan bagian dari aspek pemasaran disamping harga dan promosi. 

2 (dua) hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi usaha

1. Backward Linkage (hubungan ke belakang) yaitu hubungan yang berkaitan dengan cara memperoleh bahan baku yang berdampak pada besarnya biaya produksi.

2. Forward Linkage (hubungan ke depan) yaitu hubungan yang berkaitan dengan daerah hasil pemasaran yang terkait dengan masalah penjualan dan distribusi produk untuk sampai ke tangan konsumen 

Hal –hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi usaha  antara lain
  • Dekat dengan sumber bahan baku/sumber daya
  • Dekat dengan pasar (transportasi )
  • Tanggapan/penerimaan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar
D. PASAR
Pasar merupakan tempat orang melaksanakan transaksi, sebelum memasuki pasar , wirausaha harus menetapkan segmen pasar, target konsumen ,strategi pemasaran termasuk juga kebijakan harga.

5 (lima) jenis pasar yang menjadi sasaran wirausaha dari produk perusahaannya yaitu : 

1 . Pasar monopoli
2. Pasar persaingan sempurna
3. Pasar oligopoly
4. pasar monopolistis
5. Pasar Monopsoni
Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar
E. PERSAINGAN
Perusahaan harus bisa menjelaskan posisi usahanya dan pesaingnya dalam pasar yang ada.
Posisi perusahaan  dapat diklasifikasikan  sebagai berikut :

1.          Pemimpin pasar   (Market leader)
2.          Penantang pasar (Market Challanger)
3.          Pengikut pasar (Market Follower)
4.          perelung pasar  (Market Nicher )

F. LAPORAN KEUANGAN
Perusahaan yang baru memulai usaha harus menyertakan rencana modal, estimasi biaya dan pendapatannya, sedangkan yang telah memiliki usaha wajib menyertakan laporan keuangan yang lalu dalam rencana usaha .

Laporan keuangan meliputi neraca perusahaan, laporan laba/rugi, analissis titik impas (BEP) serta sumber permodalan, jadi bisa dinilai kemampuan riil maupun potensi perusahaan.

 G. MANAJEMAN USAHA
Dalam contoh proposal usaha wirausaha harus  menguraikan bentuk kepemilikan, struktur modal, peranan organisasi perusahaan, status badan hukum usaha yang akan dijalankan apakah berbentuk badan usaha perseorangan, Firma, CV, Perseroan Terbatas atau bentuk badan usaha lainnya. 

  H. PERSONALIA (sumber daya manusia)
Pada bagian ini wirausaha dapat menjelaskan susunan personalia dalam struktur organisasi perusahaan, lengkap dengan jumlah pegawai dan latar belakang pendidikan.    

  I. PROPOSAL KREDIT
Dalam contoh proposal usaha kredit wirausaha mengajukan sejumlah dana yang diperlukann dalam mengembangkan usahanya, serta rincian alokasi penggunaan dana. 

  J. LAMPIRAN-LAMPIRAN
Hal penting yang perlu dicantukan wirausaha pada bagian ini adalah dokumen-dokumen penting perusahaan seperti akta pendirian perusahaan, SIUP, sertifikat tanah dan sebagainya.

Contoh Proposal Usaha Terlengkap

Jika Anda sedang berencana akan membuka usaha dan sedang membuat contoh proposal usaha atau bisnis plan, berikut adalah contoh proposal usaha yang bisa anda download.

Dalam contoh proposal usaha ini, bisa anda gunakan untuk proposal berbagai bidang usaha antara lain: industri dan makanan, jasa dan rental, distributor, perdagangan, kredit, transportasi, bidang intelektual, pemeliharaan dan perbaikan, kebersihan dan hiburan.

Download contoh proposal usaha dibawah ini lewat 4shared :
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »