Ciri-Ciri Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri penyakit jantung dan cara mengatasinya, penyakit jantung adalah suatu situasi yg mengakibatkan jantung tak bisa melaksanakan tugasnya dgn baik. Perihal tersebut diantaranya otot jantung yg lemah serta atau ada celah pada serambi kanan serta serambi kiri, oleh dikarenakan tak sempurnanya pembentukan susunan yg memisahkan pada ke-2 serambi waktu pasien tetap didalam kandungan. perihal ini mengakibatkan darah bersih serta darah kotor tercampur.
Ciri-Ciri Penyakit Jantung (www.info-asik.com)
Ciri-Ciri Penyakit Jantung
Sebelumnya juga kita membahas tentang ciri-ciri kanker payudara serta ciri-ciri diabetes, maka kali ini pun topiknyanya sama tentang kesehatan yaitu ciri-ciri penyakit jantung. Tak jarang, penderita penyakit jantung terlambat mengetahui bahwa dia menderita penyakit jantung sehingga terlambat untuk diatasai. Wajib hukumnya, anda untuk mengetahui ciri-ciri penyakit jantung perlu anda ketahui agar bisa segera dilakukan tindak pengobatan secepatnya.


Ciri-Ciri Penyakit Jantung Kronis

Setelah tadi diatas kita sudah jelaskan sedikit banyak tentang wawasan kita mengenai penyakit jantung, pertama kita akan mulai dengan ciri-ciri penyakit jantung dan cara mengatasinya nanti kita bahas terpisah, untuk itu mari kita simak tentang ciri-ciri penyakit jantung selengkapnya yang kami dapatkan dari wikipedia :


1. Nyeri

Pada ciri-ciri penyakit jantung yang pertama jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. 


2. Sesak napas 

Merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).


3. Kelelahan atau kepenatan

Ciri-ciri penyakit jantung ini tergolong ringan. Untuk mengatasinya, penderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bagian dari penuaan.


4. Palpitasi (jantung berdebar-debar)



5. pusing & pingsan

Penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.


Sumber lain dari situs di google mengatakan ciri-ciri penyakit jantung sebagai berikut :

a. Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.
b. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).
c. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
d. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung
e. Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung

Dan untuk pertama kita membahas tentang bagaimana mencegahnya terlebih dahulu dari ciri-ciri penyakit jantung.
Ciri-Ciri Penyakit Jantung (www.info-asik.com)

Tips mencegah penyakit jantung

1. Pola makan yang sehat

Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Hindari pula makanan dengan kandungan gula tinggi seperti softdrink, misalnya.
2. berhenti merokok
Di dalam bungkus rokok sudah dijelaskan bahwa “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”.
3. Hindari stress
Saat seseorang stress, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.
4. Kurangi berat badan berlebih (obesitas)
Obesitas memiliki risiko utama pembesaran atrium jantung kiri. Pembesaran jantung ini nantinya akan meningkatkan detak jantung tidak normal, stroke, dan kematian.
5. Olahraga secara teratur
Olahraga seperti jalan kaki atau jogging dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.
6. Konsumsi antioksidan
Antioksidan Penting untuk Cegah Sakit Jantung. Ini bisa diperoleh dari berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan minum teh.
7. Keturunan
Jika anda memiliki kerabat dekat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya mulai sekarang lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup. Penyakit jantung bukan penyakit keturunan, tetapi bila ada keluarga (ortu, kakek, nenek,saudara, paman, bibi dsb) yang menderita atau pernah menderita penyakit jantung, kamu memiliki faktor resiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Jadi, perlu diwaspadai!

  • Dan inilah cara mengatasi ciri-ciri penyakit jantung secara lengkap dan detail.

1. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa zat allicin di dalam bawang putih ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa oleh khasiat zat allicin, ketegangan pembuluh darah berkurang 72%. Dalam studi yang dilakukan pada 90 perokok berbadan gemuk, para peneliti Eropa mendapati bahwa tambahan bubuk bawang putih selama 3 bulan tak memperlihatkan perubahan dalam kadar kolesterol mereka atau beberapa tanda lain risiko penyakit jantung.

2. Studi membuktikan bahwa mengurangi merokok tidak mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk benar-benar mengurangi risiko penyakit jantung, seseorang harus benar-benar berhenti merokok.

3. Penemuan yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology mengungkapkan konsumsi suplemen Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Penelitian menunjukkan, mengurangi konsumsi garam dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Pada percobaan diet rendah garam menunjukkan risiko penyakit jantung hingga 25% dan risiko serangan jantung hingga 20%

5. Konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti Salmon, Tomat, Minyak Zaitun, Gandum, Almond, dan Apel.

6. Untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, makan makanan yang sehat saja tidak cukup. Anda juga perlu mengimbangi dengan minum minuman sehat yang baik untuk jantung

Sangat jelas dan detail kan, pembahasan artikel mengenai ciri-ciri penyakit jantung dan cara mengatasinya diatas, semoga bisa membantu dan menambah wawasan dan mewaspadai penyakit jantung yang memang menjadi salah satu penyakit mematikan didunia.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »