Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya

Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya - Search engine adalah sebuah mesin pencari yang menyediakan berbagai blog atau website. Selain itu search engine juga memberikan berbagai informasi yang sangat banyak yang dibutuhkan orang. Dan pada mesin pencari semua hal yang kita cari dengan kata kunci tertentu pasti bisa kita jumpai informasinya.

Sebelum kita mengarah kepada inti artikel ini, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu macam-macam web browser serta macam-macam sistem operasi yang sebelumnya kita sudah bahas, karena artikel tersebut juga mempunyai hubungan erat dengan macam-macam search engine kali ini. Search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian dalam hal berkas-berkas yang tersimpan didalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya
Macam-Macam Search Engine
Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali berupa list menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam-macam search engine mempunyai jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.

Pada umumnya macam-macam search engine dijalankan oleh perusahaan swasta besar dari luar negeri yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google, Yahoo, MSN Search dan Bing. Ada contoh beberapa macam-macam search engine yang beroperasi sistem sumber terbuka (open source), contohnya yaitu Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

Cara Kerja Macam-Macam Search Engine

Sebelum kita menginjak ke pembahasan artikel tentang macam-macam search engine dan manfaatnya. Ada baiknya anda juga wajib tahu, bagaimana sih cara kerja dari search engine yang biasa kita operasikan atau jalankan dalam mencari sebuah kata kunci tertarget yang ingin anda ambil informasinya. Dalam cara kerja macam-macam search engine ini kita bersumber pada situs wikipedia.

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler - browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian dari macam-macam search engine, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Selain halaman web, macam-macam search engine juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.

Ada jenis atau macam-macam search engine lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya

Manfaat dalam macam-macam search engine bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.

Sebagian besar search engine adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Manfaat dari Macam-Macam Search Engine

Setelah sebelumnya kita sudah mengerti bagaimana cara kerja dari macam-macam search engine, pada pembahasan sub judul kedua ini, kita harus mengerti apa-apa saja manfaat dari search engine yang biasa kita gunakan untuk mengambil info penting didalamnya.
  • mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
  • Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
  • Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.
  • Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
  • Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
  • Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet
Itu dia sedikit informasi tentang apa saja manfaat dari search engine yang kita gunakan dalam mencari sebuah berita. 

Macam-Macam Search Engine yang Populer Di Dunia

Saatnya kita membahas tentang macam-macam search engine yang ada didunia, sebenarnya mesin mencari itu banyak sekali penyedianya, tapi info-asik hanya akan mengambil search engine yang populer digunakan oleh para netter saja. Karena selain ruang dan tempat yang terbatas, admin juga capek ngetiknya, hehe.

Baik tanpa basa-basi dan tanpa bahan pengawet juga, inilah macam-macam search engine yang bisa memberikan pengetahuan yang luas tentang ilmu internet didalam pikiran anda :

1. Search Engine Google

Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya



Google merupakan bagian penting dari macam-macam search engine yang paling banyak digemari orang, selain fasilitas yang beraneka ragam, Google juga menampilkan hal-hal yang mudah untuk ditelusuri. februari 1999 merupakan awal berdirinya google. berdirinya Google merupakan sebuah awal akan kebutuhan orang untuk mendapatkan berbagai informasi, dan Informasi yang diinginkan banyak orang telah difasilitasi Google dengan baik dan benar. jadi wajarlah jika Google merupakan search engine pertama yang paling populer.



2. Search Engine Yahoo
Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya

Posisi kedua pada macam-macam search engine populer adalah Yahoo. Info-asik menempatkan Yahoo ke dalam urutan yang kedua karena Yahoo mempunyai fitur email yang banyak disukai orang, Kecepatan dan kemudahan dalam mencari informasi, fitur yang lengkap dan menyediakan salah satu fungsi katalog Web. Namun sedikit Kekurangan Yahoo dibandingkan dengan Google adalah loading Yahoo lebih berat dikarenakan banyaknya fitur-fitur flash dan gambar, sedangkan Google mempunyai loading yang cukup cepat dan ringan. 

3. Search Engine MSN
Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya

Pada urutan ketiga dari macam-macam search engine adalah MSN. Search engine ini merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan oleh Microsoft Inc dan berdiri pada tahun 1998. Fasilitas yang diunggulkan MSN adalah pencarian Video, Musik, Gambar dan beragam Format File. MSN merupakan mesin pencari yang langsung terformat di setiap komputer atau laptop maupun sejenisnya merupakan sebuah kemudahan bagi setiap orang untuk langsung mengunjunginya, ini juga merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh MSN. 

4. Search Engine BING
Macam-Macam Search Engine dan Manfaatnya

Pada posisi keempat dari macam-macam search engine yaitu Bing merupakan sebuah search engine yang fiturnya hampir sama dengan google. kecepatan loadingnya telah menempatkan Bing menjadi urutan keempat versi info-asik. Akan tetapi, tidak begitu banyak blog atau website yang ada pada Bing, sehingga ketika orang ingin mencari berbagai informasi, maka informasi yang ditampilkan Bing tidak terlalu banyak. Namun, kelebihan yang ada pada Bing selain diatas adalah Bing telah bekerja sama dengan Yahoo dalam memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Selesai sudah bagaimana informasi lengkap tentang macam-macam search engine dan manfaatnya yang telah kami berikan kepada anda semua pembaca yang telah sudi membaca info bermanfaat ini dari kami, sekian dan semoga menjadikan referensi pengetahuan anda tentang macam-macam search engine.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »