Manfaat Yoghurt yang Sebenarnya

Manfaat Yoghurt yang Sebenarnya - Yoghurt merupakan minuman susu yang telah difermentasi dengan bakteri baik yaitu Lactobacillus bulgaricus. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt.

Khasiat dan manfaat yoghurt yang sebenarnya sangatlah beragam, selain memang berguna untuk kesehatan tubuh, yoghurt juga bisa sebagai makanan penghilang stress, mengatasi rambut berminyak, dan masih banyak yang lain tentunya. Harga yoghurt memang tidak murah, akan tetapi manfaat yoghurt sebanding dengan uang yang kita keluarkan.
Manfaat Yoghurt yang Sebenarnya
Manfaat Yoghurt 
Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman). Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas. Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat.

Jenis - Jenis Yoghurt Di Dunia

Sebelum mengetahui lebih banyak tentang manfaat yoghurt yang sebenarnya, anda juga harus tahu tentang jenis-jenis yoghurt yang ada di belahan dunia. Mari kita simak bersama :

Yoghurt Dahi
Yoghurt Dahi dari subkontinen India dikenal dengan rasanya yang unik. Istilah Inggris untuk yoghurt spesifik di Bangladesh, India, dan Pakistan adalah curd.

Dadiah atau Dadih
Dadiah atau Dadih adalah yoghurt tradisional dari Sumatera Barat yang dibuat dari susu kerbau. Dadiah difermentasi dalam tabung bambu.

Labneh atau Labaneh
Yoghurt Labneh dari Lebanon adalah yoghurt yang telah dipadatkan yang digunakan untuk sandwich. Minyak olive, potongan mentimun, olive, dan berbagai macam herba hijau kadang-kadang ditambahkan. 

Bulgarian
Yoghurt Bulgaria, umumnya dikonsumsi apa adanya, populer karena rasa, aroma dan kualitasnya. Kualitas muncul dari Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus strain yang digunakan di Bulgaria dan Macedonia. Produsen yoghurt Bulgaria mengambil langkah untuk melindungi trademark yoghurt Bulgaria di Eropa dan untuk membedakannya dengan produk lain yang tidak mengandung bakteri hidup.

Kefir
Kefir adalah minuman susu fermentasi berasal di Kaukasus. Beberapa peternakan Amerika menawarkan minuman yang disebut "kefir" untuk beberapa tahun dengan rasa buah tapi tanpa karbonisasi atau alkohol. Hingga 2002, bernama seperti "drinkable yoghurt" dan "yoghurt smoothie" telah diperkenalkan.

Khasiat Yoghurt Bagi Kesehatan

Setelah tadi info-asik membahas tentang jenis-jenis yoghurt, sekarang kita ke inti dari apa sih khasiat atau manfaat yoghurt yang sebenarnya. Yuk kita baca dan pelajari lebih dalam lagi tentang manfaatnya :

1. Bersifat Antimikroba
Selain menghasilkan asam laktat, yoghurt juga menghasilkan  zat yang bersifat anti mikroba seperti asam asetat dan hydrogen peroksida, beberapa jenis bakteri yang menghasilkan antibiotika yang mampu menjegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

2. Mencegah timbulnya yeast Candida Albicans
Candida Albicans, sejenis jamur yang menyebabkan penyakit vaginitis pada wanita. Vaginitis merupakan penyakit kelamin yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kemaluan wanita. Yoghurt dan prebiotik yang dikonsumsi mampu mengendalikan pertumbuhan jamur Candida ini.

3. Mencegah Osteoporosis
Asam laktat yang dihasilkan yoghurt memproduksi metabolit yang berhubungan dengan penyerapan kalsium dan fosfor. Selain itu yoghurt juga membantu produksi vitamin K pada tubuh yang berperan penting dalam metabolisme tulang

4. Membantu proses pencernaan laktosa
Yoghurt dan minuman fermentasi lainnya lebih mudah dicerna dari pada susu tanpa fermentasi. Yoghurt bisa menjadi alternatif bagi orang penderita laktose intolerance (ketidakmampuan mencerna laktosa pada susu)

5. Membantu mencegah kanker dan tumor
Beberapa jenis bakteri Lactobasillus achidophilus dan Lactobasillus bulgaricus telah menunjukan adanya efek antitumor. Selain itu, yoghurt bisa memecah nitrosamin, yaitu zat bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Bakteri pada yoghurt menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat dan seng yang dikandung yoghurt dapat mencegah kanker rahim dan kanker prostat.

6. Memproduksi beberapa jenis vitamin B
Yoghurt juga menghasilkan jenis vitamin B, seperti vitamin B3, B5, B6, B9, dan B12.

7. Menjegah diare dan sembelit
Bakteri Laktobacillus acidophilus mampu menghentikan diare. Untuk mengatasi sembelit, bakteri Bifidobacterium bifidum yang terdapat pada yoghurt lah yang paling efektif.

8. Menurunkan kolesterol darah dan menstabilkan tekanan darah
Dalam proses fermentasi, bakteri yoghurt menghasilkan zat Anticholesteremic Milk Factor yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif.

Bakteri asam laktat dapat mendegradasi koleterol  menjadi coprostanol,sehingga dapat menghindari resiko penyakit jantung koroner. Peptida yang dihasilkan dari pemecahan protein susu membentuk tripeptida yang berfungsi menghambat peningkatan tekanan darah.

9. Menjaga kesehatan dan kecantik kulit
Yoghurt plain (tanpa rasa) dapat dimanfaatkan sebagai makser wajah. Masker wajah dari yoghurt ini bermanfaat untuk merevitalisasi sel-sel kulit mati, meremajakan kulit kusam, dan membantu mejaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih halus, mulus dan sehat.

10. Menjaga kesehatan rongga mulut
Yoghurt mengandung enzim laktoperoksidase yang memiliki aktivitas antimiroba dan biasa digunakan sebagai anti karies dalam pasta gigi. bagi anda yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperbaiki kebersihan mulut dari bakteri yang melapisi permukaan lidah dan mencegah halitosis (bau mulut), dan mengurangi kemungkinan akumulasi plak.

Lengkap bukan artikel tentang manfaat yoghurt yang sebenarnya, dimulai dari proses bagaimana yoghurt dibuat dan kemudian berlanjut jenis-jenis yoghurt yang ada didunia. Dan kemudian manfaat yoghurt itu sendiri. Kesehatan mahal harganya semahal harga yoghurt, banyak sekali khasiat yang terkandung didalam susu yoghurt, jadi jangan mikir dua kali untuk beli minuman yang sangat berguna ini. Baca juga manfaat daun pepaya sesungguhnya.

Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |