Ciri-Ciri Diabetes dan Cara Mengobati Diabetes

Ciri-Ciri Diabetes dan Cara Mengobati Diabetes - Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.


img
Ciri-Ciri Diabetes dan Cara Mengobati Diabetes
Kebanyakan orang awam masih bingung dengan ciri-ciri diabetes, sehingga tidak tahu kalau sebenarnya orang sekitar mereka sedang mengalami penyakit diabetes. Jalan terbaik untuk mengetahui ciri-ciri penyakit ini adalah dengan bertanya ke dokter secara langsung. Tapi malu kan kalau cuman tanya hal kayak gini ke tempat dokter. info-asik akan memberi tahu anda secara lengkap dan gamblang.

Tubuh mempunyai mekanisme yang sangat bagus untuk memberitahukan kita bila terjadi suatu kelainan. Sangatlah penting untuk mengetahui gejala diabetes melitus tipe 2 secara dini sebab semakin dini pengobatan dilakukan maka akan semakin bagus hasilnya dan semakin kecil kemungkinan terjadinya komplikasi. 

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Berikut adalah beberapa ciri-ciri diabetes, penyakit mematikan nomor 3 dunia yang patut kita waspadai.
  • Kelelahan yang luar biasa.
    Pasien akan merasakan tubuhnya lemas walaupun tidak melakukan aktifitas yang tidak terlalu berat. Jadi, bila anda selalu merasa lelah dan mengantuk meskipun sebelumnya anda tidak begadang, ada baiknya anda segera menemui dokter.
  • Penurunan berat badan secara drastis.
    Jika anda memakan makanan yang berlebihan maka tubuh anda akan semakin gemuk. Kelebihan lemak dalam tubuh akan menyebabkan resistensi tubuh terhadap insulin meningkat. Pada orang yang telah menderita diabetes, walaupun ia makan makanan secara berlebihan tubuhnya tidak menjadi gemuk dan malah mengurus hal ini disebabkan karena otot tidak mendapatkan cukup energi untuk tumbuh.
  • Gangguan penglihatan.
    Kadar gula yang tinggi dalam darah akan menarik cairan dalam sel keluar, hal ini akan menyebabkan sel menjadi keriput. Keadaan ini juga terjadi pada lensa mata, sehingga lensa menjadi rusak dan penderita akan mengalami gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini akan membaik bila diabetes melitus berhasil ditangani dengan baik. Bila tidak tertangani, gangguan penglihatan ini akan dapat memburuk dan menyebabkan kebutaan.
  • Sering terinfeksi dan bila luka sulit sekali sembuh.
    Keadaan ini bisa terjadi karena kuman tumbuh subur akibat dari tingginya kadar gula dalam darah. Selain itu, jamur juga sangat menikmati tumbuh pada darah yang tinggi kadar glukosanya.
Demikianlah beberapa gejala utama yang anda perhatikan pada penyakit diabetes – kencing manis. ciri-ciri diabetes lain yang dapat diamati antara lain:
  • Sering kencing. Biasanya sering terbangun malam hari untuk kencing.
  • Gatal – gatal berlebihan. Biasanya gatal ini terjadi pada sekita alat kelamin.
  • Mudah lapar dan haus diluar kebiasaan
  • Sering kesemutan baik pada kaki atau bagian lain
  • Nafsu sex menurun 
  • Mudah mengantuk. Ini pada dasarnya adalah bagian dari kelelahan yang luar biasa.
  • Untuk ibu yang sedang mengandung dapat diindikasikan dengan berat badan bayinya yang lebih dari 4 kg.
Jika anda memiliki keturunan diabetes dan anda menunjukkan gejala – gejala diatas walaupun ringan. Segera ambil tindakan dengan banyak melakukan exercise dan mengkonsumsi obatan alternatif herbal yang tidak memiliki efek samping. Untuk latihan yang dapat dilakukan dan obat alternatif yang dapat dikonsumsi dapat disimak dibawah ini.

Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

Ada banyak cara mengobati diabetes dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes. Tidak mahal harganya dan bahlan kita bisa menanam obat-obat alami tersebut di pekarangan rumah kita. 

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa diajdikan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes.

Brotowali (Tinaspora Crispa)
Konsumsi ramuan alami Brotowoli adalah salah satu cara mengobati diabetes secara alami dan efektif. Brotowali adalah salah satu jenis obat herbal yang bisa berfungsi untuk menyembuhkan penyakit diabetes. 

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman brotowali memiliki senyawa tinokrisposid aktif yang berkhasiat untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Meningkatnya proses metabolisme ditandai dengan keluarnya glukosa yang terdapat dalam makanan melalui proses metabolisme. Menurut hasil penelitian di Thailand, beberapa pasien diabetes yang sudah diberi ramuan traditional brotowali secara rutin sudah mengalami penurunan kadar gula secara drastis. 

Bagian tanaman yang paling  berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah batang dan akar. Cara membuat ramuannya pun sangatlah mudah. Rebus batang dan akar tanaman Brotowali dengan air kemudian air rebusan tanaman brotowali tersebut diminum secara rutin setiap hari. Tanaman herbal sangat aman untuk dikonsumsi secara rutin karena tidak mengandung racun.

Pare (Momordica Charantia)
Siapa yang tidak kenal dengan pare? hampir masyarakat Indonesia mengenal jenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai sayur untuk dikonsumsi dehari-hari. Bentuk pare yang lonjong dan permukaan yang tidak halus ini terkadang membuat sebagian besar orang yang melihatnya kuran begitu suka. 

Terlebih lagi dengan rasanya yang pahit akan menimbulkan rasa ketidaksukaan pada jenis tanaman ini. Akan tetapi siapa yang menyangka ternyata pare mempunyai khasiat yang sangat hebat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena manfaatnya yang besar inilah sekarang tanaman pare sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, Amerika Selatan, dan afrika. Tanaman pare mengandung zat steroid saponin yang sangat familiar dengan zat charantin dan peptide yang mempunyai senyawa mirip dengan hormon insulin. 

Senyawa yang menyerupai senyawa hormon insulin ini aktif dalam meningkatkan regeneresai sel, berkontribusi besar dalam menyimnpan glikogen dalam hati, dan merangsang sekresi hormon insulin dalam pankreas. Baiknya fungsi pankreas dalam menghasilkan hormon insulin akibat sering mengkonsumsi pare secara otomatis akan menormalkan kadar gula dalam darah. Dan penurunan kadar gula pada darah akan sangat baik sekali bagi pasien penderita diabetes tipe 2. 

Bagaimana cara mengkonsumsi pare agar lebih berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes? caranya sangat mudah. Hancurkan pare hingga seperti jus kemudian minumlah jus pare tersebut. Kita hanya perlu mengkonsumsi jus pare dalam jumlah yang sedikit saja. Setengah gelas belimbing adalah porsi yang pas untuk konsumsi sehari-hari.  Jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus pare dalam porsi yang banyak karena akan menyebabkan sakit perut dan diare. Minumlah jus pare secukupnya.

Gymnema Syvestre
Tanaman Gymnema Syvestre mirip sekali dengan tanaman sirih yang bersifat merambat. Pada umumnya Gymnema Syvestre tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia terutama di hutan tropis. Jika kita amati sesaat, ada sedikit perbedaan anatomi tubuh tanaman ini jika kita bandingkan dengan tanaman sirih yang kita lihat sehari-hari. 

Tanaman Gymnema Syvestre mempunyai bentuk daun yang berbentuk elip dengan bunga berwarna kuning yang berbentuk lonceng. Daun dan akarnya mengandung zat aktif gymnemic yang berfungsi untuk menurunkan dan menormalkan kadar gula dalam darah. Bentuk molekulnya mirip dengan molekul glukosa yang bisa diserap langsung oleh sel-sel usus sehingga dapat mencegah penyerapan kembali molekul-molekul glukosa yang melewati lapisan usus. 

Selain berfungsi sebagai pengganti molekul glukosa yang terdapat dalam makanan, fungsi lain dari Gymnema Syvestre adalah membantu organ pankreas untuk menghasilkan hormon insulin sehingga kadar gula dalam darah bisa dikontrol dengan baik. Oleh karena itu obat herbal ini merupakan cara mengobati diabetes tipe 2 yang sangat efektif dan aman untuk tetap menjaga kadar gula dalam darah dan untuk menjaga fungsi pankreas agar hormon insulin yang dihasilkan tetap baik cukup.

Secara lengkap dan jelas telah kita ulas Ciri-Ciri Diabetes dan Cara Mengobati DiabetesDengan mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal di atas, penyakit diabetes akan sembuh dengan sempurna. Selain rutin mengkonsumsi obat-obat herbal tersebut, alternative cara mengobati diabetes adalah dengan menjaga pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Anda juga harus tahu Ciri-Ciri Kanker Payudara dan Mencegah Kanker Payudara.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |