Inilah 8 Gejala yang dialami Wanita saat Menopause

Menopause merupakan transisi seseorang perempuan ke fase kehidupan baru. Ini diawali kala siklus haid berakhir. Kami disini akan memberikan apa saja gejala yang dialami wanita saat menopause. Simak yuk sedikit penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menopause tidaklah permasalahan kesehatan. Tetapi pergantian hormonal serta aspek lain yang ikut serta bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Menopause umumnya diawali antara umur 40- 58 tahun di negeri maju, di mana umur rata- rata merupakan 51 tahun. Untuk sebagian orang, ini hendak terjalin lebih dini sebab keadaan kedokteran ataupun perawatan, semacam penaikan ovarium.

Gejala yang dialami Wanita saat Menopause

Kemudian, apa saja identitas ataupun indikasi yang timbul kala menopouse?

Tiap orang bisa jadi hadapi menopause secara berbeda. Itu dapat bertahan sepanjang sebagian tahun. Kala menopause terjdi, terdapat 3 sesi yang dirasakan perempuan, ialah:

- Pre- menopause

- Menopause

- Post Menopause

Pre- menopause merupakan waktu transisi yang diawali saat sebelum menopause serta tercantum 12 bulan sehabis haid terakhir seorang. Menopause sendiri diawali 12 bulan sehabis haid terakhir ataupun dikala haid menyudahi sebab alibi klinis, semacam penaikan ovarium. Terakhir, buat post menopause ataupun pasca menopause terjadi

Pada tahun- tahun sehabis menopause, walaupun susah buat mengenali kapan menopause berakhir serta pascamenopause diawali.

Ciri serta indikasi menopause

Tanda- tanda ini bisa jadi diawali saat sebelum haid berakhir, serta bisa berlangsung sepanjang sebagian tahun. Berikut ini ciri serta indikasi menopause untuk perempuan:

1. Kesuburan rendah

Dikala seseorang perempuan mendekati akhir sesi reproduksi, namun saat sebelum menopause diawali, kandungan estrogen mulai turun. Ini hendak kurangi mungkin berbadan dua.

2. Haid tidak teratur

Ciri awal kala mendekati masa menopause umumnya haid yang terjalin kurang tertib. Pola haid bisa jadi tiba lebih kerap ataupun lebih tidak sering dari umumnya, serta bisa jadi lebih berat ataupun lebih ringan. 

Tetapi, butuh diwaspadai tentang pergantian haid serta wajib menemui dokter, sebab pergantian ini pula bisa mengindikasikan kehamilan ataupun sebagian permasalahan kesehatan.

3. Miss V kering serta tidak nyaman

Miss V kering, gatal, serta tidak aman bisa diawali sepanjang pre- menopause serta bersinambung sampai menopause. Seorang dengan tanda- tanda ini bisa jadi hadapi gesekan serta ketidaknyamanan sepanjang ikatan seks vaginal. 

Tidak hanya itu, bila kulit rusak, perihal ini bisa tingkatkan resiko peradangan. Vaginitis atrofi, yang mengaitkan penipisan, pengeringan, serta pembengkakan bilik Miss V, terkadang bisa terjalin sepanjang menopause.

Gejala yang dialami Wanita saat Menopause

4. Hot flashes

Hot flashes kerap terjalin dekat waktu menopause. Itu hendak menimbulkan seorang seketika merasakan sensasi panas di badan bagian atas. 

Sensasinya dapat mulai di wajah, leher, ataupun dada serta bersinambung ke atas ataupun ke dasar. Hot flashes umumnya terjalin pada tahun awal sehabis haid berakhir, namun bisa bersinambung sampai 14 tahun sehabis menopause.

5. Kendala tidur

Permasalahan tidur bisa timbul sepanjang menopause, serta bisa jadi berasal dari kegelisahan keringat di malam hari, serta kerap buang air kecil. Banyak olahraga serta menjauhi santapan berat saat sebelum tidur bisa menolong mengelola permasalahan ini, namun bila permasalahan ini terus bersinambung, mendatangi penyedia layanan kesehatan.

6. Pergantian emosional

Tekanan mental, kecemasan, serta atmosfer hati yang rendah kerap terjalin sepanjang menopause. Tidak tidak sering hadapi saat- saat lekas marah serta mantra menangis. 

Pergantian hormonal serta kendala tidur pula bisa menimbulkan permasalahan ini. Tidak hanya itu, perasaan seorang tentang menopause bisa jadi turut berfungsi. Misalnya, tekanan sebab libido rendah ataupun akhir kesuburan bisa menimbulkan tekanan mental sepanjang menopause.

7. Kesusahan fokus

Menjelang menopause, 2 pertiga perempuan bisa jadi hadapi kesusahan dengan konsentrasi serta energi ingat.

Senantiasa aktif secara raga serta mental, menjajaki diet yang sehat, serta mempertahankan kehidupan sosial yang aktif bisa menolong menanggulangi permasalahan ini.

8. Pergantian Fisik

Bermacam pergantian raga bisa tumbuh di dekat masa menopause. Perempuan yang menopause bisa jadi hadapi:- Penumpukan lemak di dekat perut

- Akumulasi berat badan

- Pergantian warna, tekstur, serta volume rambut

- Pengecilan buah dada serta perih tekan

- Inkontinensia urin

Tetapi, ikatan antara pergantian ini serta menopause tidak senantiasa jelas. Sebagian bisa jadi terjalin secara independen pada dikala yang sama dengan transisi, serta umur dan style hidup pula bisa berfungsi. 

9 Daftar Makanan Pelancar ASI yang Baik di Konsumsi

Buat Anda yang sedang menyusui, merawat air susu ibu (ASI) agar tetap lancar dan aman jadi hal yang penting. Dan salah satu solusinya yaitu makanan pelancar ASI yang baik di konsumsi sehari-hari.

Biasanya memang untuk produksi ASI dapat berubah-ubah, baik bertambah atau berkurang. Perubahan ada karena berbagai faktor yang terjadi. Bisa karena penurunan frekuensi menyusui sampai konsumsi obat. Dan juga, proses pada perlekatan tidak tepat juga bisa menurunkan produksi ASI. Termasuk juga kondisi medis yang sedang dilakukan, baik oleh Anda sebagai ibu ataupun si bayi.

Makanan Pelancar ASI yang Baik di Konsumsi

Tak perlu cemas untuk berdiskusi dengan ahli laktasi guna mengetahui penyebab secara pasti. Perbanyak juga untuk konsumsi makanan pelancar asi yang baik dan bernutrisi tinggi, karena hal ini adalah cara untuk meningkatkan persediaan ASI.

Memang betul makan teratur dan dapat kalori cukup via berbagai asupan sehat (buah, sayur, daging tak berlemak, cemilan gula rendah) adalah langkah yang tepat. 

Istirahat yang cukup juga harus dijaga polanya. Karena biasanya proses menjadi ibu yang baru sering membuat kurang tidur, tanpa ragu Anda harus biasakan minta tolong suami atau sanak saudara untuk memperbantukan. 

Lalu apa saja makanan pelancar ASI yang baik di konsumsi agar suplai produksinya meningkat? Diperoleh dari berbagai sumber, berikut listnya :

1.  Kacang almond

Makanan super ini memang punya vitamin E dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak tak jenuh ganda juga terdapat pada almond yang sangat menyehatkan dan membantu meningkatkan persediaan ASI. Almond punya rasa khas dan dapat Anda jadikan menu cemilan sehat atau dibuat sebagai susu.

2. Sayuran yang berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dapat menjadi salah satu makanan pelancar ASI yang baik di konsumsi. Sayuran hijau yang dimaksud seperti bayam, kangkung, sawi dan brokoli. Sayuran hijua kaya akan zat besi, folat dan kalsium, sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen yang punya dampak positif pada produksi dan suplai ASI.

Ragam kandungan vitamin pada sayuran hijau juga dipercaya bisa membantu memperlancar produksi ASI. Tak lupa terus konsumsi minimal satu porsi sayuran hijau setiap hari ya.

3. Oatmeal

Selain dapat menjadi sumber energi dan juga mengendalikan diabetes pasca persalinan, oatmeal yang terkandung serat juga sangat baik di konsumsi oleh ibu menyusui untuk meningkatkan produksi suplai ASI. Oatmeal dan gandum memang mempunyai konsentrasi beta-glukan yang tinggi dari pada makanan lain sejenis.

4. Semangka

Buah semangka kaya akan serat, fruktosa dan air. Makan semangka juga tak hanya buat tubuh ibu terhidrasi, tapi juga menambah asupan mineral yang penting dan juga meningkatkan produksi suplai ASI.

5. Wortel

Wortel punya kandungan banyak vitamin A yang meningkatkan kualitas produksi suplai ASI. Untuk dapat maksimal manfaatnya, konsumsi wortel dalam wujud salad saja atau di jus tapi tanpa gula.

6. Yoghurt

Selain dapat dijadikan menu cemilan sehat, yoghurt juga sangat baik di konsumsi sebagai makanan pelancar ASI. Yoghurt ini adalah salah satu sumber kalsium, protein, probiotik, potasium, fosfor dan vitamin B12.

Tidak sekadar meningkatkan produksi suplai ASI, yoghurt ini bisa menjaga kesehatan terutama sistem pencernaan. Pilih yoghurt dengan rasa plain agar Anda dapat manfaat yang maksimal.

7. Sayuran Bit

Sayuran dengan warna khas merah punya gizi tinggi, kaya serat dan mineral yang sehat. Selain meningkatkan produksi suplai ASI, bit juga bisa membantu memperbaiki kualitas ASI Anda karena ada kandungan sifat pemurnian didalamnya. 

8. Fenugreek

Fenugreek merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae. Fenugreek menjadi daftar makanan pelancar ASI yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui. Konsumsi fenugreek sudah terbukti bisa meningkatkan produksi ASI selama 3 hari sesudah terapi dimulai.

9. Asparagus

Asparagus diyakini mampu merangsang hormon yang berhubungan dengan produksi suplai ASI. Asupan ini punya kandungan kaya serat, vitamin A dan vitamin K. Untuk mengonsumsinya, asparagus bisa dibuat sebagai sup krim.

Itulah ulasan mengenai makanan pelancar ASI yang baik di konsumsi oleh Ibu yang saat ini sedang menyusui. Perlu Anda ketahui juga untuk tetap dibarengi dengan pola tidur yang teratur dan hindarilah stress!

Begini 4 Cara Mudah Basmi Rayap pada Lemari Kayu

Author: Label: ,

Perabotan rumah tangga Anda pasti banyak yang menggunakan bahan kayu, salah satunya tentu lemari kayu yang paling favorit dan banyak digunakan. Kayu memang menjadi dasar yang kokoh, kuat dan bisa dibentuk sesuai selera, sudah tentu lemari kayu masih sangat banyak penggemarnya.

Tapi, perabotan dengan bahan kayu juga rentan akan gangguan rayap dan masalah kelembaban, maka jelas perabotan dengan bahan kayu membutuhkan perawatan lebih. Rayap memang terkenal membuat lemari bahan kayu akan mudah lapuk dan mengalami kerusakan pada waktu singkat, inilah alasan mengapa sangat penting untuk selalu menjaga lemari Anda bebas rayap.

Selain dengan Jasa Anti Rayap, serangan rayap pada lemari kayu dapat dibasmi dengan langkah-langkah dibawah ini :

credit : luxedecor.com

1. Larutan garam

Guna mengatasi rayap, Anda dapat mengaplikasikan garam dapur. Selain mudah didapat, garam dapur juga terbilang murah dan tentu hemat. Caranya mudah, cairkan garam dimangkuk dengan setengah liter air hangat, kandungan garamnya masih tinggi dan bisa bekerja maksimal pada rayap.

Semprotkan saja cairan ini pada rayap dan pastikan semua rayap terkena semprotan dengan rata. Cairan ini membuat rayap menjadi lemas dan mati..

2. Jemur pada sinar matahari

Rayap sangat suka dengan tempat yang lembab dan jauh dari sinar matahari, sebab rayap memang biasanya hidup di tempat gelap dan jauh dari cahaya terang. Maka solusi kedua ini bisa dijadikan pertimbangan Anda dalam mengatasi rayap pada lemari kayu.

Caranya, pindahkan lemari ke luar rumah agat terkena sinar matahari, maka rayap di lemari akan kabur dan tak kembali lagi. Solusi ini juga bisa cepat dan singkat mengatasi masalah rayap pada lemari kayu.

3. Gunakan asam borat

Asam borat merupakan senyawa kimia yang umum digunakan untuk bahan cairan pembasmi rayap. Asam borat dapat mengatasi rayap di lemari kayu, karena asam borat bekerja dengan cepat dan ampuh mengatasi rayap yang belum parah atau sudah parah sekalipun.

Caranya, cairkan asam borat ke dalam wadah semprotan, agar mudah digunakan. Semprotkan pada sarang rayap dengan rata agar cepat mati dan tentu bisa membasmi dengan singkat.

4. Pasang kardus bekas

Anda harus memastikan terlebih dahulu tempat sarang rayap di lemari kayu. Jika sarang sudah diketahui, ambil beberapa lembar kardus bekas dan basahi dengan air secukupnya, agar tekstur kardus tak mudah rusak. Kemudian letakkan kardus tersebut di samping area sarang rayap, rayap biasanya dalam beberapa jam akan mendatangi dan memakan kardus bekas tersebut.

Jadi, itulah 4 cara mudah dan cepat membunuh rayap pada di lemari kayu. Tapi jika Anda tak mau ribet dengan langkah-langkah diatas, untuk melawan gangguan rayap, Anda perlu memanggil jasa anti rayap kepada ahlinya. 

PT Fumida Pestindo Jaya sudah lama hadir memberikan solusi bagi Anda agar perabotan rumah tangga yang Anda yang terbuat dari kayu terbebas dari rayap. FUMIDA selalu memakai metode tepat, terukur dan selalu berinovasi dalam berbagai aspek untuk menciptakan rumah yang sehat tanpa gangguan rayap.

Pahami 2 Hal Jika Mau Kredit Mobil Bekas Saat Pandemi

Author: Label: , ,

Walaupun sekarang kita masih di masa pandemi Covid-19, ternyata dalam 2 bulan terakhir ini ada peningkatan penjualan mobil terutama mobil bekas. Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur, penjualan ataupun kredit mobil bekas surabaya dp ringan pada bulan Maret ada kenaikan hampir 2 kali lipat dari bulan sebelumnya.

Kenaikan penjualan tak lepas karena hadirnya diskon puluhan juta sehingga membuat orang sangat tertarik untuk menjajalnya. Penjualan pada wholesales mobil bulan Maret 2021 tercatat lebih dari 85.000 unit mobil, sedikit mendekati angka normal di sekitaran 90.000 unit mobil.

credit : viva.co.id

Saat pandemi justru memang disarankan bagi Anda yang peduli dengan kesehatan untuk melakukan pembelian mobil. Karena sekarang menjadi kebutuhan guna menghindari kerumunan, jika memakai transportasi umum akan sulit menghindari kerumunan orang dan social distancing, ini juga yang memungkinkan debitur untuk melakukan pembelian mobil bekas dengan cara cicilan.

Sekarang membeli mobil ada cara yang beragam baik bayar cash atau dengan kredit. Jenis mobil juga sekarang banyak yang baru atau tersedia mobil bekas dengan kondisi yang sangat baik.

Pada akhir tahun 2020 lalu penjualan mobil bekas sedang meningkat, padahal orang-orang bertujuan untuk beli mobil baru. Tapi karena situasi pandemi yang tidak pasti, maka banyak beralih ke mobil bekas sesuai dengan anggaran.

Adanya promo potongan harga mobil jadi momentum bagi orang-orang untuk  punya mobil baru. Memang sebagian masyarakat memilih untuk membeli dengan cara cash, tapi banyak juga yang mengandalkan kredit.

Sebelum melakukan pembelian mobil ada baiknya cek terlebih dahulu daftar harga mobil bekas surabaya dibawah 50 juta, juga beberapa hal dibawah ini harus diperhatikan saat akan melakukan kredit mobil.

1. Cashflow 

atau arus kas pribadi yang berkaitan kemampuan membayar. Anda harus melakukan survei kondisi mobil bekas, harus pilih mobil mana yang bagus. Jika mobil baru karena kan ada garansi jadi pasti aman.

2. Timing yang pas 

yang harus menjadi perhatian yaitu melihat waktu atau timing. Jika Anda butuh untuk saat Lebaran, maka sebaiknya membeli 1 bulan sebelum lebaran datang.

Apalagi sekarang animo sangat besar, orang banyak yang pre order, untuk memastikan kesediaan mobil. Apalagi mobil baru butuh plat nomor minimal waktunya sekitar 2-4 minggu, timing beli memang harus di sesuaikan. Termasuk kemampuan cash, karena kemampuan DP [uang muka, down payment] untuk mobil baru.

Itulah 2 hal penting yang perlu diperhatikan oleh Anda jika mau membeli mobil baru atau mobil bekas terutama di wilayah Jawa Timur atau kota besar seperti Surabaya. Semoga bermanfaat. 

Pahami Cara Cek Saldo dan Transfer Lewat Internet Ebanking BRI

Berbicara tentang transaksi perbankan pasti tidak bisa lepas dari Internet Ebanking. Layanan online dari perbankan yang dioperasikan menggunakan teknologi internet ini sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari hari sebagian masyarakat. 

Kemudahan akses serta kelengkapan fitur yang di berikan menjadi faktor utama yang melatarbelakangi masyarakat dalam menggunakan layanan ini. Pemakaian dan fungsi dari layanan ini pada dasarnya hampir sama seperti di mesin ATM. Namun jika di lihat dari segi efisiensi, layanan ini tentu sangat membantu karena bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja.

internet ebanking

Cara Cek Saldo dan Transfer Lewat Internet Ebanking BRI

Kemudahan akses yang ditawarkan layanan Internet Ebanking diera yang serba cepat ini membuat masyarakat lebih tertarik menggunakannya. Dengan menggunakan layanan ini Anda bisa mengetahui informasi saldo maupun transfer tanpa harus mengantre. 

Hanya bermodalkan ponsel pintar dan internet yang stabil Anda sudah bisa mengakses layanan ini. Berikut ini cara cek saldo dan transfer lewat Ebanking BRI.

Cek Saldo Ebanking BRI

Anda pengguna internet ebanking yang masih pemula? Berikut ada beberapa tahapan atau langkah yang perlu Anda lakukan saat ingin mengecek jumlah saldo yang ada di rekening.

1. Buka laman https//ib.bri.co.id (IB BRI login)

2. Login dengan User ID dan Password yang sudah terdaftar

3. Pilih menu informasi rekening untuk mengecek saldo rekening

Cara Transfer Lewat Ebanking BRI

1. Buka laman https//ib.bri.co.id (IB BRI login)

2. Login dengan User ID dan Password yang sudah terdaftar

3. Selanjutnya pilih menu “Transfer”. Pilih pilihan “Transfer ke sesama BRI” atau “Transfer Antar Bank”

4. Isi data nomor rekening tujuan, bank tujuan, dan nominal transfer. Isilah dengan cermat dan teliti untuk menghindari kegagalan transfer

5. Tekan tombol kirim

6. Cek dan teliti kembali data transfer untuk dilakukan konfirmasi

7. Jika sudah benar, selanjutnya masukkan password dan klik “Permintaan M-Token” 

8. Selanjutnya Anda akan menerima nomor M-Token melalui sms dengan nomor telepon sudah Anda daftarkan sebelumnya

9. Masukkan M-Token, lalu klik tombol kirim

10. Transaksi selesai dan Ebanking akan menampilkan bukti transfer yang bisa di unduh

Nah, cara cek saldo dan transfer lewat Internet Banking BRI, tidak sulit bukan? Dengan adanya layanan ini, Anda tidak perlu keluar rumah untuk mengecek saldo atau ketika ingin transfer uang. Bahkan ketika Anda tidak bisa menemukan mesin ATM ketika genting, layanan yang kami sediakan ini bisa membantu mempermudah pekerjaan Anda. Segera registrasi Ebanking BRI dan nikmati kemudahan aksesnya! Selamat mencoba!

5 Tips Jual Mobil Bekas Agar Harga Tetap Tinggi

Author: Label: , ,

Bagi Anda yang tinggal di ibukota, jual mobil bekas Jakarta sekarang menjadi opsi banyak masyarakat di Indonesia. Alasan kenapa dijual juga beragam, seperti alasan mau ganti mobil baru, atau karena kebutuhan yang mendesak mengingat pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Jika Anda mau jual mobil bekas, pasti berharap agar mobil Anda punya harga jual yang tinggi dan tidak mau terlalu anjlok harga jualnya. Tapi sebenarnya kondisi harga jual mobil bekas punya faktor yang banyak. Kalau Anda mau harga jual mobil bekas tetap tinggi, ada banyak hal yang harus dilakukan.

jual mobil bekas jakarta
credit : budgetdirect.com.au

Inilah 5 Tips Menjual Mobil Bekas Agar Harga Jual Tetap Tinggi

Dibawah ini tips bagaimana agar mobil bekas Anda punya nilai jual yang tetap tinggi atau minimal sesuai harga pasaran mobil yang akan Anda jual. Simak tipsnya ya.

1. Usia mobil kurang dari 5 tahun

Disarankan untuk menjual mobil bekas Anda saat usianya belum 5 tahun. Biasanya mobil dengan usia di bawah 5 tahun harga jualnya masih sangat aman, hal ini karena tentu belum banyak keluar biaya untuk perbaikan besar. Untuk mobil yang berumur di atas 5 tahun tentu sudah ada biaya untuk penggantian komponen menjadikan harga mobil menjadi lebih murah.

2. Servis berkala di bengkel resmi dan gunakan suku cadang asli

Anda juga disarankan untuk rutin melakukan perawatan di bengkel resmi dari merk mobil Anda. Dengan perawatan rutin, maka kondisi mesin akan tetap terjaga dan harga jual tetap tinggi. Selain itu, servis di bengkel resmi juga mendapat jaminan kalau mobil selalu mengganti suku cadang resmi yang original jika terdapat part yang harus diganti.

3. Merawat eksterior mobil

Banyak pembeli mobil bekas yang biasanya melihat kondisi kemulusan pada eksterior mobil. Biar mobil bisa terjual dengan harga yang sesuai, maka kondisi tampilan luar mobil juga perlu perawatan yang baik. Karena eksterior mobil yang lecetnya banyak tentu menurunkan harga dan menjadikan orang malas membelinya.

4. Kilometer mobil

Selain usia, masalah kilometer atau jarak tempuh mobil sangat mempengaruhi harga jual mobil bekas. Umumnya mobil dengan jarak tempuh yang rendah walau usia di atas 5 tahun akan tetap punya nilai jual yang masih tinggi. Tapi tetap 3 poin diatas sebelumnya juga bisa terpenuhi.

5. Kelengkapan surat dan buku servis

Biasanya kalau kelengkapan STNK, BPKB dan faktur kendaraan tak ada akan membuat harga jual mobil bekas menjadi murah dari harga pasarannya. Hal ini karena mobil Anda tidak punya legalitas dan akan disangka mobil bekas Anda dari hasil curian atau kejahatan lain misalnya.

Satu lagi tentu Anda harus menyimpan buku manual, buku servis dan juga peralatan P3K atau dongkrak bawaan mobil bekas Anda. Kalau semuanya tersedia tentu dapat menjadi nilai tambah tersendiri.

Itulah 5 tips agar harga jual mobil bekas Anda tetap tinggi. Bagi Anda yang mau beli mobil bekas dan tinggal di kota besar seperti jakarta bisa langsung akses seva.id yang punya list lengkap jual mobil bekas jakarta dari semua merk dan tipe mobil yang ada di pasaran.

Begini 4 Cara Membuat Rambut Halus Alami

Cara membuat rambut halus secara alami adalah tindakan yang tepat dan sangat aman. Mempunyai rambut yang halus dan indah adalah impian semua orang, apalagi untuk para wanita.

Rambut sendiri merupakan makhota yang selalu jadi pusat perhatian dan identitas untuk bisa percaya diri. Maka demi melakukan perawatan rambut banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang. Padahal ada acara yang murah dengan metode yang alami.

Cara Membuat Rambut Halus

Masalah rambut yang sering dialami orang biasanya rambut kusut atau rambut berketombe. Masalah ini jelas membuat rasa percaya diri menjadi turun. Walaupun sudah melakukan perawatan dengan shampo dan hal lainnya, terkadang masih belum cukup terlihat hasilnya.

Disini akan kami berikan tips kepada Anda untuk mencoba hal baru yang bisa membuat rambut halus dengan bahan yang alami. Bahannya pun cukup mudah didapat dan pastinya aman digunakan tanpa takut efek samping yang membahayakan.

Cara Menghaluskan Rambut Secara Alami

Rambut yang kasar memang sangat meresahkan karena penampilan jadi kurang maksimal. Berikut cara menghaluskan rambut secara alami:

Lidah Buaya

Bahan pertama ini sepertinya sangat mudah ditemukan, bahkan mungkin bisa Anda petik didepan rumah Anda sendiri. Karena memang lidah buaya sendiri selain menjaga kesehatan kulit, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut halus. Kandungan pada lidah buaya terdapat yang namanya keratin. Keratin sendiri merupakan protein yang bisa menjaga rambut.

Untuk caranya sangat gampang ya, siapkan air hangat dan campurkan dengan gel lidah buaya. Kemudian oleskan campuran tersebut pada seluruh bagian rambut lalu diamkan saja lebih kurang 30 menit. Dilanjutkan dengan membilasnya dengan air. 

Cuka Apel

Cara membuat rambut halus yang kedua ini bisa Anda coba dengan menggunakan cuka apel. Perlu diketahui menggunakan cuka apel ini tidak hanya membuat rambut halus, tapi juga bisa membuat rambut berkilau dan satu lagi dapat membersihkan ketomber lho.

Untuk caranya, cukup campurkan segelas air dengan ¼ (seperempat) gelas cuka apel saja. Gunakan campuran ini setelah Anda mandi dengan shampo Tresemme. Kemudian disarankan untuk membilas rambuat dengan air dingin.

Cara Membuat Rambut Halus alami

Air Dingin

Bagi Anda yang suka membilas rambut dengan air hangat ternyata tak bagus untuk kesehatan rambut, lho. Hal ini akan membuat kutikula pada rambut terbuka saat Anda mencuci dengan air hangat. Dan hal tersebut tidak baik untuk kondisi rambut.

Disarankan untuk cuci rambut Anda menggunakan air dingin saja ya. Walaupun mungkin kurang nyaman saat mandi, tapi air dingin membuat kutikula pada rambut tertutup. Tapi kalau Anda melakukannya rutin rambut lebih akan terlihat halus dan akan mudah untuk ditata.

Pisang dan Yogurt

Kedua bahan ini, yaitu pisang dan yogurt ternyata bisa direkomendasikan untuk membuat rambut menjadi halus. Kedua bahan ini akan menjadi pelembab kulit kepada dan rambut dengan maksimal.

Untuk caranya, pertama Anda bisa haluskan 1 pisang dan dicampur dengan 2 sdm yogurt hambar atau biasa dikenal plain, aduk kedua bahan sampai berbentuk pasta. 

Oleskan secara merata mulai dari kulit kepala sampai seluruh bagian rambut. Kemudian tutup memakai shower cap lalu diamkan terlebih dahulu selama lebih kurang 45 menit. Terakhir bilas dan cuci rambut Anda menggunakan shampo.

Demikian 4 cara membuat rambut halus secara alami dengan tepat dan aman. Dengan bahan-bahan diatas, Anda tidak perlu takut efek samping yang diberikan karena memang sudah terbukti aman digunakan. Jika Anda punya cara alami lainnya, bisa tinggalkan komentar dibawah ya. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk semua yang ingin rambutnya halus agar lebih percaya diri lagi.