Selasa, 17 Agustus 2021

Perhatikan 3 Bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas Matic

Mobil yang mempunyai transmisi otomatis atau biasa disebut juga mobil transmisi matic selalu menjadi incaran banyak calon pembeli. Mobil yang baru atau keluaran langsung dari pabriknya, sudah dipastikan tak akan banyak kendalanya. Akan tetapi berbeda cerita dengan mobil yang bekas pakai.

Bersumber dari ahlinya, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli mobil bekas terutama yang transmisi matic. Mulailah dengan mengecek kebocoran oli hingga melakukan test driver mobil bekas tersebut terlebih dahulu.

Perhatikan 3 Bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas Matic

Sebelum memutuskan untuk meminang mobil bekas, dibawah ini 3 poin penting untuk Anda lakukan pengecekan item mobil bekas bertransmisi matic :

1. Cek Kebocoran Oli pada Mobil Matic

⦿ Cek apakah mobil bekas incaran Anda ada kebocoran oli atau tidak.

⦿ Lakukanlah inspeksi transmisi matic pada mobil incaran Anda. Selain itu lihat juga kondisi eksterior mobilnya ya.

⦿ Perlu diperhatikan bahwa tak semua oli itu berwarna merah, karena sekarang warna oli bermacam-macam. Curigalah kalau terlihat adanya kebocoran, karena kemungkinannya ada 2 yaitu jarang servis atau sudah ada perbaikan total.

2. Cek Bagian Indikator Mobil Matic Bekas

⦿ Anda harus mengecek apakah indikator mobil menyala normal atau terdapat peringatan yang tak lazim pada meter cluster. Contohnya pada lampu indikator check engine yang menyala ataupun indikator transmisi menyala tapi kedap-kedip saat mesin sudah starter.

⦿ Kalau mobil bekas tersebut indikator transmisinya menyala artinya ada masalah pada bagian elektrikal dan jika dikendarai terus menerus akan berakibat kerusakan yang menjalar ke mekanis transmisinya.

3. Jangan Lupa Test Drive Mobilnya

⦿ Pastikan Anda melakukan tes drive terlebih dahulu, disini Anda dapat menilai apakah mobilnya saat memindahkan tuas transmisi terasa kasar atau halus, ada hentakan atau tidak.

⦿ Anda juga bisa melakukan tes saat mobil berkondisi dingin, setelah distarter langsung masukkan tuas ke posisi D.

⦿ Biasanya saat mobil jalan langsung tanpa injak pedal gas, maka tandanya transmisi mobil sehat. Namun jika terjadi sebaliknya, mobil tersebut punya masalah.

⦿ Tes drive juga dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada gangguan saat mobil melakukan perpindahan gigi.

⦿ Tes juga saat mobil berakselerasi dan lakukanlah juga tes pengereman. Jika ada masalah perpindahan yang tak normal atau ada masalah selip bisa jadi pertanda transmisi mobilnya bermasalah. Karena transmisi matic yang masih bagus, perpindahan giginya mengikuti putaran mesin.

mobil bekas brio fortuner

Oh ya, bagi Anda yang saat ini sedang mencari mobil bekas yang murah untuk keluarga kecil Anda dan tak tahu harga pasarannya berapa, bisa cek langsung melalui tautan ini harga brio bekas. Disana Anda juga bisa melihat harga pasaran mobil yang gagah bertipe sport dengan mengecek langsung di harga fortuner bekas.

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.