Jumat, 30 Juli 2021

Inilah 4 Cara Mengatasi SSD Tak Terbaca Windows 10

Saat Anda memasang SSD yang baru tapi tak terbaca di operating sistem Windows, biasanya membuat kita akan panik. Faktanya problem ini merupakan hal yang biasa terjadi, namun juga tergantung dari penyebabnya sendiri. Maka ada baiknya memang sebelum membeli untuk Cek SSD terlebih dahulu apakah benar-benar bagus kualitas dan performanya. 

Untuk cara memperbaiki SSD yang tak terbaca di komputer Windows 10 juga berbeda-beda tergantung dari masalah yang menimpanya. Maka sebelum Anda panik, berikut ada cara untuk mengatasi masalah SSD tak terbaca di komputer terutama Windows 10.

cara mengatasi ssd tidak terdeteksi windows 10

Mengubah Pengaturan Konfigurasi SSD

Jika SSD yang Anda pasang tak terdeteksi oleh BIOS, maka Anda perlu merubah pengaturannya pada konfigurasi disk di memory via BIOS.

1. Pencet power komputer terlebih dahulu, terus masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F2, Del atau tombol lain disesuaika dengan motherboard yang Anda gunakan

2. Pilih pada menu Storage Options > Serial ATA > SATA Configuration atau sejenisnya

3. Pilih fitur IDE Compatibility Mode

4. Kemudian save pengaturan BIOS, terus restart komputer Anda

Mengaktifkan fitur kompatibilitas IDE seperti ini, biasanya SSD sudah bisa terdeteksi oleh BIOS dan terbaca pada sistem Windows 10.

Memeriksa Kesehatan RAM/Memory

Problem SSD tak terbaca sistem operasi juga karena masalah pada RAM yang Anda pasang. Untuk cara memperbaiki adalah dengan menggunakan fitur Windows Memory Diagnostic yang kita tahu sebagai fitur bawaan didalam Windows 10.

1. Klik pada ikon Search lalu ketik Windows Memory Diagnostic dan klik kanan pilih Run as Administrator

2. Save all worked dan close semua aplikasi selain WIndows Memory Diagnostic, terus pilih Restart now and check for problems (recommended)

3. Komputer akan akan restart dan mengecek memory Anda secara otomatis, tunggu saja sampai selesai

4. Setelah selesan hasil tes dan perbaikan akan muncul, Anda bisa buka Disk Management untuk memeriksa apakah SSD sudah terbaca sistem.

Memperbarui Driver Storage Controller

SSD sudah terbaca pada BIOS namun tak terdeteksi di Windows? Cobalah dengan cara memerbarui driver storage controller saja. Ikuti langkahnya seperti dibawah

1. Klik kanan logo Windows, kemudian pilih Device Manager

2. Klik Storage Controller, terus perluas grup dengan cara meng-klik pada ikon panah (>)

3. Klik kanan di Storage Controller lalu klik opsi Update Driver

4. Klik Search automatically for updated driver software.

Biasanya sistem akan update otomatis dan Anda perlu merestart komputer untuk menyelesaikan proses instalasinya. Selesai restart, buka saja Disk Management untuk mengecek SSD sudah terdeteksi atau belum.

Mengatur Drive Letter

Sering kali masalah SSD tak terbaca disebabkan karena ada konflik pada pengaturan Drive Letter. Entah itu SSD yang baru atau yang bekas digunakan. 

Drive Letter sendiri adalah huruf untuk mengakses hard drive, misalanya C, D, A, E dan lainnya. Jika Drive Letter pada SSD sudah terpakai atau SSD baru belum punya Drive Letter, biasnya memori tak akan terbaca. Guna mengatasinya, coba dengan cara memperbaiki SSD tak terbaca seperti ini.

1. Klik pada ikon Search lalu ketik Windows Memory Diagnostic lalu pilih Run as Administrator

2. Klik kanan di SSD lalu pilih opsi Change Drive Letter and Paths

3. Klik Add jika SSD belum punya Drive Letter, atau Change untuk merubah Drive Letter dari SSD

4. Pilih Drive Letter yang Anda mau pada menu dropdown kemudian klik OK untuk save.

Demikian 4 cara mudah memperbaiki SSD tak terbaca pada sistem operasi Windows 10. Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas namun SSD masih belum terbaca, itu berarti SSD nya yang rusak. Maka saran saya sebelum membeli untuk selalu cek SSD yang ingin dibeli dengan cara melihat review yang biasanya disarankan oleh ahlinya. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.