Selasa, 18 Mei 2021

Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak

Mendapati anak tumbuh kembang dengan baik dan sempurna, tentunya menjadi keinginan besar semua orang tua. Untuk mendapatkan hal yang demikian, orang tua memegang peran yang cukup besar, terutama seorang ibu. Karena umumnya seorang ibu memiliki ikatan emosional yang cukup kuat dengan anak lantaran itulah yang mengandung dan melahirkan. 

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, orang tua yaitu ibu dan ayah bisa bekerjasama untuk melakukannya. Sehingga diharapkan anak bisa tumbuh dengan sehat, cerdas, dengan memiliki keterikatan emosional yang baik.

tumbuh kembang bayi
credit : bigstockphoto.com

Ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua di masa tumbuh kembang bayi, antara lain:

1. Menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Di masa tumbuh kembangnya, maka ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan ke atas harus mendapatkan cukup banyak nutrisi. Orang tua, terutama ibu tidak cukup hanya dengan memberikannya ASI. 

2. Menerapkan kebiasaan makan yang baik.

Agar asupan gizi anak bisa terpenuhi, orang tua juga harus mengajarkan anak agar memiliki kebiasaan makan yang sehat, seperti selalu sarapan, selalu mengonsumsi buah dan sayur, makan bersama dengan si kecil, dll.

3. Menstimulasi perkembangan bayi.

Agar tumbuh kembang anak bisa meningkat pesat, orang tua perlu menstimulasi kemampuan kognitif, motorik, sosial, dan komunikasi si kecil. Hal ini tidak hanya bagus untuk perkembangan otak anak di masa kini saja, namun juga berpengaruh untuk kemampuan belajarnya di masa depan.

4. Memantau tumbuh kembang anak.

Orang tua bisa memantau tumbuh kembang anak dengan sering membawa ke Posyandu atau dokter anak untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, serta kemajuan perkembangan anak. Melakukan imunisasi bayi juga baik dilakukan di masa tumbuh kembangnya ini.

Di masa tumbuh kembang anak ini, sebaiknya orang tua juga memperhatikan berbagai produk yang digunakan oleh bayi sehari-harinya. Pastikan memang produk yang digunakan tepat dan bisa membuat si kecil nyaman. Seperti ketika memilih popok bayi misalnya, pastikan pilih yang berbahan lembut dan nyaman di kulit bayi. 

Selain itu, pastikan juga memiliki daya serap tinggi, serta cukup fleksibel jika digunakan oleh si kecil bergerak kesana kemari. Nah, Marries bisa menjadi jawaban tepat bagi Anda yang sedang mencari popok yang tepat dan bisa membuat nyaman ketika digunakan oleh bayi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.