Jumat, 19 Maret 2021

Finpedia, Platform Produk Pinjaman Online Paling Terpercaya

Untuk memudahkan Anda dalam membandingkan, memilih produk pinjaman online ataupun jasa keuangan yang Anda inginkan, kini hadir platform yang sangat tepat untuk Anda gunakan, adalah Finpedia.

Sebuah website dan aplikasi yang sangat membantu Anda dalam memilih berbagai layanan yang disediakan oleh Finpedia. Di Finpedia sendiri Anda bisa menemukan berbagai fitur seperti pinjaman online yang pas, kredit tanpa agunan, kredit kendaraan bermotor, kredit pemilikan rumah (KPR), dan kredit multiguna.

pinjaman online

Selain itu, Anda juga bisa melihat informasi terkini tentang artikel keuangan dengan update yang mereka berikan. Ada juga informasi mengenai simulasi perhitungan yang sangat membantu sekali untuk melihat angka yang akan anda pinjam, di simulasi ini Anda bisa menemukan perhitungan KTA, KPR dan KKB.

Anda juga harus tahu bahwa Finpedia sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor : S-225/MS.72/2020. Finpedia juga merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Tapi sebelum membahas mengenai fitur dan layanan yang ada di Finpedia. Ada baiknya kami ingatkan tips untuk mencegah utang pinjaman online agar tidak membengkak. Tips ini kami dapatkan langsung dari OJK karena mereka yang mengetahui perilaku para nasabah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyadari bahwa cukup banyak masyarakat kita yang masih tidak paham mengenai pinjaman online atau platform peer-to-peer lending yang sekarang ini semakin marak.

Berdasarkan history data OJK, hampir 40% warga kita yang menggunakan jasa keuangan tak paham mengenai pinjaman online. Akibatnya semakin bertambah orang yang akhirnya terjerat utang dalam jumlah yang tidak sedikit sampai tidak bisa melunasi. 

Banyak orang karena butuh dana darurat tergiur karena cepatnya pencairan dengan meminjam di fintech ilegal yang punya bunga sangat besar bahkan melebihi jumlah pinjaman. Jadi karena ketidaktahuan ini maka semakin banyak orang yang memakai produk jasa keuangan tanpa pengawasan OJK.

Tips Mencegah Utang Pinjaman Online Tak Membengkak 

Guna mencegah utang yang semakin membengkak saat menggunakan platform pinjaman online, dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan versi OJK: 

1. Fintech harus legal

Poin pertama ini harus diperhatikan, karena sekarang lebih banyak fintech yang ilegal dibanding yang legal. Pastikan fintech yang akan Anda pinjam punya izin dari OJK agar kedepannya tidak menyesatkan. Saat ini ada sekitar 148 fintech legal yang tergabung di OJK dan Anda bisa mengecek daftarnya di situs resmi OJK.

2. Pinjamlah sesuai kebutuhan

Poin kedua yang harus diperhatikan, ialah pastikan Anda meminjam dana dengan jumlah sesuai kebutuhan saja. Pinjamlah sesuai dengan kemampuan agar nantinya tidak membebani Anda saat pelunasan. Untuk menjaga cash flow keuangan Anda, perhatikan bahwa cicilan diusahakan 30% dari penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya.

3. Bayarlah tepat waktu

Membayar cicilan secara tepat waktu juga hal lain yang penting untuk Anda perhatikan. Tujuannya tentu untuk menghindari bunga atau denda keterlambatan yang jumlahnya akan semakin besar, apalagi kalau Anda semakin telat dari tanggal yang seharusnya. Sudah banyak kejadian karena mudah untuk meminjam akhirnya sering lupa untuk melunasinya.

4. Jangan pernah gali lubang tutup lubang!

Banyak nasabah yang semakin melalukan ini. Karena tidak bisa melunasi di platform pinjaman online A, kemudian nasabah ini mencoba untuk meminjam di platform pinjaman online B untuk melunasi utang di platform A. Hal semacam ini sangat berbahaya untuk dilakukan karena dapat membuat Anda terjerat utang yang jumlahnya sangat besar. Nah, sekali lagi hindarilah pinjam online untuk tujuan gali lubang - tutup lubang ya.

5. Cek bunga dan tujuan Anda meminjam

Anda perlu untuk cek dengan seksama dan memahami dengan pasti mengenai bunga pinjaman dan disarankan tidak meminjam kalau bunganya terlalu tinggi. Kemudian juga Anda harus tahu tujuan meminjam, kalau untuk konsumtif atau bersenang-senang dengan membeli barang yang tidak dibutuhkan lebih baik hindari pinjaman online. 

Karena kepentingan yang tidak darurat seperti itu akan membuat Anda ketagihan dalam meminjam. Gunakan pinjaman online hanya untuk kebutuhan yang produktif atau dapat menghasilkan keuntungan untuk membantu usaha Anda misalnya.

Fitur Andalan di Platform Finpedia

pinjaman online finpedia

Artinya memang untuk meminjam pinjaman online Anda harus melihat asal usul platform fintech yang akan Anda gunakan. Seperti Finpedia misalnya, yang memberikan Anda banyak fitur dan pilihan berbagai platform pinjaman online yang sudah terdaftar secara legal di OJK.

Mengenai fitur dari Finpedia ini, akan kami coba ulas sedikit untuk Anda jadikan referensi yang sangat bagus kedepannya jika Anda butuh dana darurat. Fitur yang dihadirkan Finpedia antara lain :

1. Pinjaman online

Disini Anda akan menemukan banyak sekali list platform pinjaman online yang terpercaya dengan nilai bunga tak mencekik. Pada masing-masing list ini juga diberikan penjelasan secara transparan mengenai syarat yang harus Anda penuhi untuk meminjam dana secara online.

Tapi sekali lagi seperti penjelasan diatas sebelumnya, pilihlah penawaran sesuai dengan kemampuan Anda nantinya dalam melunasi pinjaman online agar tidak melewati masa tenor ya.

2. Pinjaman kredit tanpa agunan

Pada fitur ini, Anda bisa meminjam pinjaman online untuk dana darurat atau modal usaha. KTA atau kredit tanpa agunan ini memang pinjaman tanpa jaminan bagi perorangan yang sudah memenuhi syarat dan lolos penilaian kredit dari lembaga keuangan (bank), pembiayaan multi finance ataupun perusahaan P2P lending.

Anda dapat meminjam tanpa harus menyerahkan jaminan seperti sertifikat rumah, tanah, kendaraan atau barang berharga lainnya. Untuk mengakses menu pinjaman KTA, Anda bisa klik pada menu pinjaman online, nantinya akan muncul banyak list jenis pinjaman KTA. Anda juga bisa membandingkan mana yang sekiranya syarat sudah sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Kredit kendaraan bermotor

Pada menu ini memang listnya baru satu yang diberikan oleh Finpedia yaitu dari OCBC NISP KPM. Tapi syarat dan tenornya tidak akan membebani Anda saat mengajukan pinjaman. Kedepannya Finpedia akan selalu bekerja sama dengan lembaga keuangan lain untuk menjadi pilihan alternatif lain untuk keperluan Anda dalam mempermudah memiliki kendaran seperti motor atau mobil.

4. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) secara online

Memiliki hunian atau rumah sendiri adalah impian semua orang. Anda tentu dapat mewujudkanya dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah secara online di Finpedia. Skema pinjaman yang diberikan adalah skema prosentase tertentu mulai dari harga cash rumah ataupun properti.

Hadirnya Finpedia tentu memberikan kemudahan Anda untuk bisa mendapatkan permohonan KPR secara online dari list penyedia lembaga keuangan yang banyak tersedia di website atau aplikasi Finpedia.

5. Kredit multiguna

Kredit multiguna merupakan pinjaman dengan jaminan tertentu seperti sertifikat rumah, BPKB, atau surat berharga lain. Kredit multina juga salah satu alternatif cepat saat Anda butuh dana yang mendesak dalam jumlah besar.

Sistem kredit ini memang mempunyai resiko yang besar, tentu diharapkan Anda jangan sampai salah pilih penyedia layanan pinjaman apalagi secara online.

Tapi Finpedia sendiri merupakan platform yang punya kredibilitas tinggi dalam membantu nasabah yang akan meminjam pinjaman online di platform mereka. Semua list yang diberikan Finpedia sangat transparan dan jelas mulai dari syarat pengajuannya, profil perusahaannya, suku bunga yang tercanti, hingga denda dan masa tenornya.

Fitur simulasi perhitungan yang ada di Finpedia juga punya tujuan yang cermat agar nasabah bisa mempekirakan jumlah semua pembiayaannya saat meminjam pinjaman online. Dengan adanya website dan aplikasi Finpedia ini sudah barang tentu sangat membantu sekali dalam hal meminjam tanpa khawatir platform yang ilegal. 

Jika Anda tertarik, informasi lebih lengkapnya mengenai penjelasan fitur diatas, Anda bisa mengakses website mereka di tautan https://www.finpedia.id/pinjaman. Sekali lagi hitung dengan cermat semuanya sebelum Anda mencoba meminjam pinjam online ya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.