Senin, 15 Maret 2021

Mana yang Lebih Baik antara Detergen Cair dengan Detergen Bubuk?

Seperti kita tahu, detergen cair seperti Rinso Cair dan detergen bubuk merupakan salah satu produk penting dalam kegiatan rumah tangga. Mencuci sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan secara rutin agar Anda tidak kehabisan baju bersih. Detergen adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk membersihkan kotoran atau noda yang ada pada pakaian kotor, baik itu mencuci dengan tangan atau dengan mesin cuci.

Ngomong-ngomong, detergen apa sih yang sering Anda pakai untuk mencuci pakaian? Jawabannya tentu antara detergen cair atau detergen bubuk kan? Detergen cair seperti Rinso Cair sekarang sudah banyak pilihan dan jenisnya, mulai dari wangi yang banyak variannya hingga kemasan yang hemat dan ada pula kemasan super jumbo. 

Biasanya, ada 2 jenis detergen yang umum digunakan yaitu detergen cair dan detergen bubuk. Ada beberapa hal yang membedakan antara detergen cair dengan detergen bubuk selain perbedaan pada bentuknya, simak penjelasan dibawah ini mengenai perbedaan antara kedua detergen ini, mana yang lebih baik ya?

detergen cair vs detergen bubuk

Detergen Bubuk

Detergen bubuk sendiri adalah sabun yang punya kandungan bahan dryer, builder dan filler yang diproses menjadi bubuk. Detergen bubuk dipakai untuk mencuci pakaian dengan cara yaitu melarutkan detergen bubuk ke dalam air sampai mengeluarkan busa untuk perendaman pakaian yang kotor sebelum diproses cuci.

Keuntungan memakai detergen bubuk: Efektif dalam membersihkan noda pada pakaian dengan kotor yang nempel di baju, detergen bubuk juga dapat menggantikan fungsi pembersih lantai karena bisa mencuci kamar mandi.

Kerugian memakai detergen bubuk: Jika menggunakan detergen bubuk dalam waktu yang lama dapat membuat pakaian terutama warna terang menjadi pudar. Selain itu jika Anda menggunakan mesin cuci dan memakai detergen bubuk sebagai pembersih baju biasnya akan menyebabkan endapan pada pakaian yang dicuci, selain di pakaian, pada mesin cuci juga akan gampang menempel dan bisa berakibat rusaknya mesin cuci Anda. 

Detergen bubuk memang mengandung builder, makanya kalau Anda menggunakan deterjen bubuk di mesin cuci, perlu terus diperhatikan untuk merawat dan membersihkan mesin cuci secara berkala.

Kelemahan lainnya yaitu bahan pakaian menjadi terasa kasar dan berasa panas. Buat Anda yang merasakan gatal dan panas saat terkena detergen bubuk dapat dipastikan Anda terkena alregi dengan detergen jenis bubuk.

detergen cair vs detergen bubuk

Detergen Cair

Detergen cair adalah sabun cuci pakaian yang bentuknya cair, detergen jenis cair ini mengandung konsentrat tinggi dimana dapat menghasilkan cucian baju yang lebih bersih merata dan sempurna.

Keuntungan memakai detergen cair: Pada detergen cair bisa lebih cepat larut dalam air sehingga bisa menyebar saat detergen dicampurkan pada air. Sekarang semakin banyak detergen cair yang disertai dengan pelembut dan pewangi pakaian. Jadi Anda tak perlu lagi menggunakan pelembut dan pewangi pakaian terpisah, lebih hemat bukan? 

Keuntungan lainnya tentu pada detergen cair biasanya tidak menyisakan sisa endapan sabun, hal ini tentu sangat berbeda dengan detergen bubuk yang mungkin bisa menyisakan bekas sabun setelah selesai mencuci.

Kelemahan memakai detergen cair: Harga pada detergen cari biasanya diatas harga detergen bubuk, tapi saya rasa tidak terlalu signifikan beda nominalnya ya. Dengan segala keuntungan yang lebih banyak dari detergen bubuk, detergen cair merupakan pilihan tepat. Apalagi bagi Anda yang memulai usaha laundry kiloan sekarang sudah hadir Rinso Matic Liquid Professional.

detergen rinso cair

Deterger Rinso Cair ini mempunyai formula konsentrat yang lebih efektif daripada detergen biasa karena dapat mengangkat noda dan membersihkan paling bersih. Dengan metode yang rendah busa ini sangat cocok untuk digunakan pada mesin cuci bukaan depan maupun bukaan atas. Manfaat lainnya dari Rinso Cair Matic Liquid Professional ini bisa Anda cek di website ini.

So, Anda lebih pilih detergen cair atau detergen bubuk? Kalau saya sih pilih yang cair tapi ada promo harga murah gitu. Itu mah maunya semua orang ya.

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.