Rabu, 09 Desember 2020

Begini 6 Cara Mengatasi Gusi Berdarah dengan Tepat

Kesehatan mulut tak cuma sekedar menjaga kebersihan gigi saja. Merawat gusi juga sama penting dalam kesehatan mulut. Tanda jika Anda terkena penyakit gusi adalah adanya bengkak atau gusi berdarah. Cara mengatasi gusi berdarah sebenarnya mudah dan tanpa perlu memeriksanya ke dokter. Kecuali memang sudah sangat fatal ya.

Gusi berdarah biasanya punya kondisi yang tidak terlalu serius. Gusi berdarah umumnya disebabkan karena menyikat gigi yang terlalu keras dan kondisi kesehatan tertentu.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Dan yang paling sering terjadi karena adanya penumpukan karang gigi atau plak. Zat ini menjadikan bakteri tumbuh di sekiaran garis gusi. Jelas kondisi ini membuat gusi lebih sensitif dan mudah teriritasi.

Pendarahan pada gusi dapat diatasi dengan mudah. Cara mengatasi gusi berdarah tentu dengan menjaga kebersihan mulut dan pengobatan alami. Kalau Anda mengalami pendarahan terus menerus, segera datangi dokter gigi saja untuk mendapat bantuan pengobatan yang tepat.

6 Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Ada beberapa cara mengatasi gusi berdarah, dibawah ini kami rangkum dari berbagai sumber : 

Menyikat dengan baik dan benar

Pertama tentu untuk mengatasinya Anda harus menyikat gigi dengan baik dan benar. Sikatlah dengan arah yang tepat tidak terlalu cepat atau pelan. Pastikan juga sikat gigi yang teratur selama 2 menit pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum Anda tidur.

Berkumur antiseptik

obat kumur Mengatasi Gusi Berdarah

Obat kumur antiseptik tentu dapat mengatasi gusi berdarah. Obat kumur juga bisa membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Berkumur dengan obat kumur antiseptik juga dapat membuat gusi nyaman jika mengalami sakit, bengkak, dan berdarah.

Anda dapat mencoba berkumur dengan merk Pepsodent Mouthwash Herbal Naturals, dengan formulasinya yang tanpa alkohol, obat kumur ini sangat efektif untuk membantu melawan bakteri dan tentu memberikan rasa nyaman di mulut.

Berkumur air garam

Jika Anda tak mau modal dengan berkumur obat kumur antiseptik Anda bisa berkumur dengan air yang dicampur garam secara rutin. Hal ini dapa membantu mengurangi bakteri dan menghentikan pendarahan gusi. Jika pendarahan disebabkan oleh trauma atau cedera, berkumur dengan campuran air garam membuat mulut membasmi bakteri.

Konsumsi vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pendarahan pada gusi lho. Memakan makanan atau meminum minuman yang kaya vitamin C dapat mengatasi gusi berdarah. Hal ini karena vitamin C ternyata bisa melawan infeksi gusi penyebab gusi berdarah. 

Cara kerjanya adalah dengan antioksidan yang kuat, vitamin C dapat memperkuat jaringan ikat dan melindungi lapisan gusi. Vitamin C bisa didapat dengan memakan jeruk, paprika, tomat dan sayuran yang hijau.

Kompres dingin

kompres es Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah dapat terjadi karena cedera atau trauma pada jaringan gusi. Untuk mengatasi gusi berdara Anda dapat mencoba dengan kompres dingin pada gusi guna mengurangi pembengkakan. Kompres dingin ini juga dapat membatasi aliran darah untuk menghentikan pendarahan.

Cara adalah tempelkan es kecil atau kompres air dingin pada bagian gusi untuk membantu menenangkan gusi. Kompres dingin ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan pada radang gusi.

Hindari makanan yang manis

Sama seperti halnya karbohidrat, makanan manis harus Anda hindari untuk mengurangi peradangan pada gusi. Makanan manis adalah salah satu faktor terbesar pertumbuhan bakteri pada kesehatan mulut. 

Konsumsi makanan manis sering dikaitkan dengan resiko gigi berlubang dan juga peradangan pada gusi. Makanan manis memang terkenal sangat mudah menempel pada gigi dan gusi, yang tentu menyebabkan penumpukan plak dan peradangan gusi.

Demikian 6 cara mengatasi gusi berdarah dengan mudah tanpa harus Anda pergi periksa ke dokter gigi. Tapi tentu perlu diperhatikan bahwa jika gusi berdarah belum mereda, Anda tetap disarankan pergi ke dokter saja, agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.