5 Pertimbangan Pilih Paket Hosting untuk Blog Pribadi


Ketika anda ingin buat blog, maka dua hal yang biasanya mendapatkan pertimbangan, yakni domain dan hosting. Keduanya merupakan unsur penting dalam pembangunan website yang tidak bisa dipisahkan. Ada sih yang gratis, namun lebih baik dihindari terlebih jika anda ingin bangun blog untuk tujuan serius. Bagi anda yang pemula, tentu bingung gimana sih milih hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. Nah, nanti akan dibahas tips jitu pilih paket hosting untuk blog pribadi.

Hal yang perlu anda ketahui ialah bahwa paket hosting biasanya biayanya setiap bulan atau juga provider yang membebankan tiap tahun. Jadi kalau mau pilih paket hosting untuk blog pribadi jangan terpaku pada harga yang murah, namun ada beberapa pertimbangan pilih hosting yang sesuai dengan yang anda butuhkan sebagai berikut. 

1. Provider Hosting Terpercaya dan Berpengalaman

Ketika mau pilih paket hosting untuk blog pribadi, maka langkah pertama ialah dengan memilih provider hosting yang terpercaya dan berpengalaman. Bisa dilihat dari lamanya provider tersebut memberikan pelayanan hosting dan juga dari popularitas-nya. 

Jangan tergiur dengan paket hosting murah yang diberikan oleh provider hosting yang tidak jelas asal-usulnya. Jangan-jangan itu provider abal-abal yang hanya ingin cari keuntungan semata. Anda perlu hati-hati bahkan baca bagaimana testimoni dari banyak orang, jika banyak yang memberikan feedback postifi, maka bisa anda pilih. 

Jangan gegabah memilih provider hosting karena anda akan mempertaruhkan data yang ada di website anda dalam layanan hosting yang rawan akan kerusakan. 

Wajib baca : Hosting terbaik untuk blog pribadi

2. Tentukan Besaran Bandwith yang dibutuhkan

Pertimbangan pilih paket hosting untuk blog pribadi selanjutnya ialah menentukan besaran bandwith yang dibutuhkan.  Kebutuhan besaran data tiap orang berbeda-beda tergantung pada kebutuhannya masing-masing, untuk apa website yang dibangun tersebut. Namun jika untuk blog pribadi yang umumnya berbasis CMS Wordpress, biasanya kecepatan server serta data yang dibutuhkan sudah cukup yang standard.

Itu sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan untuk blog pribadi, baik ketika akses secara bersamaan, kecepatan akses, dan kapasitas data. Namun demikian, jika blog pribadi anda rencana mau upload banyak gambar, video dan foto, maka lebih baik memilih paket hosting dengan bandwith yang lebih besar.

Jika masih bingung kebutuhan hosting anda apa saja, maka jangan ragu menghubungi domainesia untuk mendapatkan solusi terbaik.


Harga hosting murah domainesia.com

3. Pertimbangkan Fitur serta Pelayanan yang ditawarkan

Pilih paket hosting untuk blog pribadi berarti juga memilih provider hosting. Nah, maka perlu juga mempertimbangkan terkait dengan fitur dan pelayanan atau support dari providernya. Perlu diketahui bahwa provider hosting semakin hari semakin banyak, tentunya dalam hal ini mereka bersaing untuk memberikan paket dengan harga yang murah namun tetap berkualitas. 

Namun sekali lagi, anda jangan terpaku pada harga murahnya, perhatikan fitur hosting yang ditawarkan apakah sudah berbasis Litespeed API, UltrafastSSD, Web Builder dan fitur-fitur lainnya. 

Begitu juga dengan pelayanan dan support-nya perlu juga anda pertimbangkan. Pilih provider hosting yang tidak hanya menjual produk paket saja, namun juga dilengkapi dengan aftersales support, seperti pelayanan ketika trouble, dan kendala yang lainnya. 

Seperti halnya di domainesia, yang tidak hanya menjual paket hosting untuk blog pribadi dengan harga yang terjangkau saja, namun juga memberikan pelayanan serta support kepada setiap customer selama 24 jam nonstop. Jika ternyata masih kurang memuaskan, domainesia siap juga memberikan garansi uang kembali. 

4. Mendukung Berbagai macam script website

Tips berikutnya pilih paket hosting untuk blog pribadi ialah mendukung berbagai script website. Script merupakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun website. Setiap website bisa jadi dibangun dengan bahasa pemograman yang berbeda-beda. Namun jika hanya untuk blog pribadi, maka biasanya script yang digunakan berbasis CMS Wordpress. 

Kalau berbasis Wordpress hampir sebagian besar provider hosting sudah mendukung script tersebut, termasuk domainesia. 

Baca juga : Cara iklan facebook ads

5. Sesuai dengan Budget yang disiapkan

Pertimbangan pilih paket hosting untuk blog pribadi selanjutnya ialah dengan memperhatikan budget yang telah anda siapkan. Jangan over-priced atau pilih hosting yang melebihi budget yang anda siapkan. Dengan mengetahui kebutuhan data website anda, akan lebih mudah dalam menyesuaikan budgetnya. Boleh cari yang murah, namun pastikan bahwa layanan serta fitur-fiturnya berkualitas. 

Jangan hanya pilih yang murah, namun ternyata kecepatan server buruk atau gak ada support setelahnya. Itu sama aja bohong. Jika masih ragu, bisa membandingkan paket hosting antara provider yang satu dengan yang lainnya.

Itulah 5 pertimbangan pilih paket hosting untuk blog pribadi yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui pertimbangan di atas akan membuat anda lebih berhati-hati dalam memilih paket hosting dan providernya. Kami siap membantu anda menyediakan paket hosting untuk blog pribadi dengan harga yang terjangkau dan fitur-fitur yang menarik. 
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | | |

Leave a Reply

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.