Mengenal lebih jauh apa itu hosting

Author: Label: , ,

Jika anda adalah sebagai seorang pemula kemungkinan anda akan bingung dengan istilah hosting dan pengertiannya itu apa serta fungsi dari hosting itu sendiri. Kali ini kita akan membahas deskripsi tentang hosting yaitu ruang yang dilengkapi dengan berbagai software dan hardware yang bekerja untuk menghidupkan website Anda sehingga dapat diakses dan bekerja.

Maka pada artikel kali ini, akan membuat artikel yang menjelaskan tentang hosting dan istilahnya secara lengkap dan juga membahas tentang HTTP error 500 dan solusi cara mengatasinya. Tentunya hosting yang harus Anda pilih ketika ingin membeli atau menyewanya, dan berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal lebih jauh apa itu hosting

1. Cloud Hosting

Kemampuan terbatas untuk menangani lalu lintas atau traffic tinggi tentunya telah ditawarkan oleh Cloud Hosting. Disebut sebagai cloud atau awan bekerja sama untuk menjadi host dari sekelompok website. Hal ini memungkinkan beberapa komputer untuk bekerja sama untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi untuk setiap situs web tertentu.

Banyaknya pengaturan cloud hosting tidak menawarkan akses root adalah kekurangan dari Cloud Hosting. Yaitu diperlukan untuk mengubah pengaturan server dan menginstal beberapa perangkat lunak, dan cloud hosting ditawarkan dengan biaya yang lebih tinggi. Untuk yang lebih praktis disarankan menggunakan hosting murah Domainesia yang tentunya lebih murah, terjangkau, dan berkualitas.

2. Virtual Private Server Hosting

Virtual private server hosting atau VPS Hosting membagi servernya ke server virtual.Di mana setiap website menjadi host yang digunakan untuk menjalankan server pribadi mereka sendiri. Tetapi mereka benar-benar berbagi server dengan beberapa pengguna lain yang berbeda.

Untuk memiliki akses root untuk ruang virtual mereka sendiri dan lingkungan hosting dijamin lebih baik dengan jenis hosting lain. VPS adalah pilihan dari jenis web hosting yang membutuhkan kontrol yang lebih besar di tingkat server yang bisa Anda gunakan jika Anda tidak ingin menggunakan pilihan dedicated server juga bisa menggunakan hosting murah DomaiNesia.



3. Shared Hosting

Dalam shared hosting, situs web seseorang ditempatkan pada server yang sama dengan situs lainnya, mulai dari beberapa ratusan atau bahkan ribuan. Biasanya, semua domain dapat berbagi dalam satu server dengan sumber daya server digunakan bersamaan, seperti RAM dan CPU untuk mempermudah disarankan menggunakan hosting murah Domainesia.

Sebagian besar situs dengan tingkat lalu lintas lancar menjalankan perangkat lunak standar yang di-host pada jenis server. Dan kekurangan dari shared hosting ini adalah tidak adanya akses root, kemampuan terbatas untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi, dan performa situs dapat dipengaruhi oleh situs lain pada server yang sama.

4. Dedicated Hosting

Web server dari website pribadi anda akan disimpan dalam dedicated hosting yang ada dalam server.Dalam hal ini, anda menyewa semua akses ke server tersebut dan hanya website anda yang ada dalam server.Kekuatan yang besar dan layanan yang baik tentu akan mempunyai biaya yang lebih mahaldari Dedicated server.

Untuk lebih praktis bisa memakai Domainesia yaitu penyedia layanan web hosting dan registrasi domain murah, terjangkau, dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Disarankan untuk mereka yang membutuhkan kontrol yang maksimal dan kinerja server yang lebih baik saja dikarenakan dedicated server sangat mahal.

5. HTTP error 500 dan solusi cara mengatasinya

Biasanya jika Anda mulai mencoba mengakses sebuah halaman website dan kemudian muncul pesan ‘HTTP error 500’, itu berarti ada yang terjadi ketidakberesan dengan situs Anda. Namun pesan error tersebut memang sangat mengganggu visitor anda, oleh sebab itu anda perlu segera menghilangkan pesan tersebut.

Caranya adalah melakukan pemeriksaan apakah ada yang tidak benar sesuai dengan arahan padafile htaccess.Setelah menemukan sesuatu yang error, pastikan untuk menggantinya atau anda juga bisa mengubah hak akses dari file dan folder. Hak akses yang bisa anda pilih yaitu 644 atau 755. Dan pesan error pun akan hilang dengan sendirinya.

Set aktivitas atau layanan penyimpanan informasi suatu website hingga akhirnya bisa ditampilkan ketika Anda akses. Server web hosting dikelola dalam ruang penyimpanan data bernama data center bisa di akses oleh semua orang.

Demikianlah Web Hosting atau ‘Hosting’ layanan yang disediakan oleh vendor yang menawarkan lokasi fisik untuk penyimpanan halaman web dan file. Jika masih bingung, bayangkan saja bahwa Web Hosting adalah pemiliknya dan anda adalah sebagai penyewanya. Dalam hal ini anda merupakan penyewa ruang fisik di server mereka yang  menjadikan halaman web anda akan ditampilkan di Internet. Semoga memberikan manfaat!
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Leave a Reply

Silahkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.
Spam sudah pasti di hapus ya.