Rabu, 19 Desember 2018

Awas, Akulaku Penipu - Konsumen dibuat Kecewa!

Sudah tau kan nama Akulaku? Jika kalian gemar belanja online pasti tahu aplikasi ini. Yups, Akulaku merupakan perusahaan Aplikasi kredit virtual finansial online di pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tujuan Akulaku seperti yang disebutkan di websitenya adalah untuk mempermudah pembelanjaan kosumen dengan cara kredit, memungkinkan kosumen berbelanja apa saja di mana saja tanpa kekhawatiran cash flow. Visinya adalah mewujudkan marsyarakat cashless dengan cara kredit di pasar Indonesia.

Bagi kamu yang sudah menjadi bagian dari Akulaku, atau yang akan mendaftar akulaku dan sedang mencari artikel review mengenai akulaku, kamu tepat sekali berada disini. Saya akan memberikan sebuah ulasan! Lho kok ada tanda serunya sih? Ya, karena saya akan mengulas pelayanan akulaku yang mengecewakan dan membuat geram para membernya. 

Tidak geram bagaimana, voucher 1 juta yang sudah diklaim dan digunakan konsumen tapi ditolak secara sepihak dari akulaku tanpa pemberitahuan. Seakan-akan akulaku hanya memberikan PHP saja (baca penipu). Bagaimana kronologinya?

Klaim Voucher 1 Juta (klik gambar untuk memperbesar)

Tanggal 14 Desember 2018 sekitar pukul 7 malam saya klaim voucher 1 juta yang diberikan akulaku, wah baik banget nih akulaku. Saat itu langsung saya gunakan untuk membeli voucher Alfamart sebesar 100 ribu dengan jumlah 10 voucher. Voucher langsung dikirim oleh pihak akulaku dan ada keterangan berlaku sampai 19 Mei 2019. Sekitar 5 bulan kedepan dari waktu pembelian.


Pembelian voucher Alfamart di Akulaku (klik gambar untuk memperbesar)
Saat itu saya hanya menyimpan 10 kode voucher alfamart tersebut karena habis kerja males rasanya keluar rumah. Pikir saya besok saja buat belanja kebutuhan rumah bareng istri dan membelikan sembako buat orang tua dan mertua.

Pagi harinya tanggal 15 Desember 2018 saya dan istri langsung ke alfamart terdekat untuk beli keperluan, selesai memilih dan memasukan produk dalam keranjang, kita menuju kasir yang sebelumnya kami tanya kalau menggunakan kode voucher semalam bisa dilakukan. Tapi alangkah kagetnya setelah kasir memasukkan beberapa kode voucher, disana tertulis voucher sudah expired tanggal 13 Desember 2018. Padahal saya menukarkan malam sebelumnya atau tanggal 14 Desember 2018. 


Saya berikan semua kode voucher ke kasir agar di cek apakah masih berlaku sesuai keterangan di aplikasi akalaku, ternyata semuanya sama, Expired tanggal 13 Des 2018. Akhirnya saya harus membayar dengan debit card karena tidak enak dengan kasirnya, walau beberapa produknya saya kembalikan.

Sampai rumah saya langsung telepon CS Alfamart di nomor 1500 959, saya berikan semua kode voucher. Setelah mereka cek, ternyata masa aktif sesuai di akulaku sampai 19 Mei 2019. Saya meminta bantuan kepada CS alfa agar bisa digunakan kembali di outlet alfamart.

Sampai akhirnya pihak CS alfa sudah kordinasi dengan pihak Akulaku, dan mengatakan voucher tersebut diblokir dari akulaku dengan alasan voucher 1 juta ada karena gangguan sistem. What the....!!!

Saya tak menyerah sampai disitu, karena menurut saya voucher tersebut sudah diberikan kepada konsumen dan memang seharusnya hak konsumen untuk menggunakannya. Disini saya juga heran kenapa pihak alfamart sebagai penerbit voucher mau saja vouchernya diblokir, sedangkan CS Alfa memberikan keterangan berbeda kalau voucher alfa yang sudah terbit tidak mungkin bisa diblokir.

Ya sudah, seperti arahan dari pihak Alfamart, saya disuruh untuk komplain ke pihak Akulaku. Saya coba hubungi CS Akulaku di nomor 1500 920. Saya kembali ceritakan mengenai voucher alfamart yang expired padahal masa berlakunya masih lama, CS memberikan saran untuk kirim detail kode voucher yang expired via email Akulaku di cs.id@akulaku.com.

Dan jawaban yang didapatkan adalah seperti email dibawah ini.

Jawaban mengecewakan dari Akulaku
Dengan entengnya mengatakan hal seperti itu. Oke kalaupun voucher 1 juta karena gangguan sistem / bugs, kenapa tidak ada keterangan permintaan maaf kepada konsumen yang sudah dan akan menggunakan voucher 1 juta tersebut. Saya masih berharap itikad baik dari pihak Akulaku memberikan KOMPENSASI dari masalah ini dan menjadi win-win solution bagi konsumen. 

Selain saya ternyata masih banyak orang yang mengalami hal sama, kode voucher mereka juga diblokir dan akulaku memberikan jawaban yang menganggap enteng masalah ini. Selama pihak akulaku tidak merespon postingan ini, saya tidak akan menghapusnya. Saya tunggu kabar baiknya dari Akulaku.

Artikel Menarik Lainnya: