Menyehatkan Kulit hingga Jantung, Ini 7 Manfaat Sauna


Manfaat sauna masih menuai perdebatan hingga saat ini. Beberapa orang mengatakan sauna meningkatkan dorongan seksual dan beberapa orang lainnya justru percaya jika sauna menyebabkan kemandulan. Beberapa orang juga percaya jika sauna meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Namun, lainnya justru berpikir jika sauna dapat menyebabkan serangan jantung. Lalu, apa sebenarnya manfaat sauna ini?

Bagi sebagian orang, sauna telah menjadi semacam rutinitas. Sayangnya, belum jelas apa manfaat dan efek samping dari praktik ini. Untuk mengetahui manfaat pasti dari sauna, berikut 7 manfaat tersebut.

1. Meningkatkan pemulihan pasca olahraga


Saat tubuh terasa pegal-pegal usai berolahraga, sauna dapat mengatasinya. Riset dari Springerplus menyatakan sauna dapat mengurangi serangan nyeri otot dan meningkatkan pemulihan pasca olahraga. Penelitian ini juga menunjukkan sauna inframerah mungkin sangat efektif dalam menembus sistem neuromuskular untuk meningkatkan pemulihan. Namun, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh agar semua manfaat tersebut bisa kita dapatkan secara maksimal.

2. Menurunkan tekanan darah


Riset menunjukkan sering mandi sauna meningkatkan fungsi lapisan dalam pembuluh darah, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah. Pria yang melakukan sauna 4 hingga 7 kali seminggu 50 persen kecil risikonya untuk mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan dengan pria yang hanya melakukan sauna seminggu sekali. Ini berarti saat kondisi kesehatan dalam keadaan baik sauna dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat. Namun, hal ini tak diperuntukan bagi wanita hamil atau mereka yang memiliki masalah kesehatan.

3. Meningkatkan sistem kardiovaskular


Sama seperti seks, rutin melakukan sauna sama halnya kita berlari sejauh 1,5 kilometer dalam empat menit. Riset yang dilakukan di Finlandia menemukan orang yang melakukan sauna memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular. Riset tersebut terbilang akurat. Pasalnya, periset meneliti 2.315 pria usia 42 hingga 60 selama 20 tahun. Meskipun demikian, sauna tak bisa menggantikan program olahraga untuk menjaga jantung dan paru-paru tetap sehat. Respons fisiologis terhadap sesi sauna biasanya berhubungan dengan aktivitas fisik yang cukup santai seperti berjalan.

4. Meningkatkan daya ingat


Riset terbaru membuktikan sauna juga bisa meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah riset, pria yang menghabiskan waktu di sauna beberapa kali per minggu memiliki risiko demensia dan alzheimer 65 persen lebih rendah daripada mereka yang hanya melakukan sauna seminggu sekali. Ini terjadi karena adanya peningkatan aliran darah ke otak. Namun, temuan ini masih memerlukan riset lebih lanjut.

5. Menyehatkan kulit


Berkeringat memang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk sauna. Cara ini juga bekerja untuk kesehatan kulit kita. Sauna membantu meningkat kesehatan kulit dengan membuka pori-pori yang akhirnya mampu mengatasi jerawat serta mengeluarkan kotoran. Panas dari sauna membantu kulit menghindari infeksi dari kotoran. Namun, kita harus minum cukup air karena panas dari sauna bisa membuat kulit kering. Selain itu, mereka yang memeliki eksim juga tidak disarankan mempraktikan sauna karena dapat memperburuk kondisi mereka.

6. Meringankan sakit kepala dan pilek


Riset telah membuktikan sauna dapat meringankan sakit kepala. Namun, para dokter percaya berkeringat membuat pilek menjadi lebih buruk. Sauna membuat tubuh berkeringat. Jadi, jangan lakukan sauna saat kita terserang flu berat. Sebaiknya, kita melakukannya hanya saat mengalami pilek ringan.

7. Meredakan nyeri


Apapun penyebabnya, sauna dapat membantu mengurangi nyeri otot, memperbaiki gerakan sendi, dan meredakan nyeri radang sendi karena meningkatnya sirkulasi darah.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |