Begini Cara Kerja Sistem Panel Surya yang Tepat

Author: Label: , ,
Cara kerja sistem pada solar cell untuk rumah - Sinar Matahari tidak akan terus-menerus menyinari hingga 24 jam setiap hari? Terus gimana ya cara kerja sistem pada panel surya / solar cell bisa menghasilkan listrik, yang mendukung aktifitas manusia jaman now yang selalu melakukan segala hal setiap detik, tiap jam, tiap hari bahkan sepanjang tahun?

Jika Anda sedang mencari bagaimana cara kerja sistem yang ada pada panel surya / solar cell, simak baik-baik penjelasan dibawah ini yang akan saya uraikan dan usahakan secara lengkap. Apalagi bagi Anda yang memang hendak memasangnya di rumah sebagai pembangkit listik terbarukan. Cekidot!

Aktifitas Matahari di Indonesia
cara kerja sistem panel surya solar cell
Ilustrasi sinar matahari
Matahari setiap harinya di Indonesia akan selalu terbit dari timur dan tenggelam di arah barat (kecuali mau Kiamat :D). Seperti kita tahu Indonesia sendiri terletak di garis khatulistiwa, yang mana sinar matahari akan menyinari antara 10 sampai 12 jam setiap harinya.

Akan tetapi sinar matahari tidak akan stabil seperti saat terbit ataupun tenggelam. Maksudnya yaitu sinar matahari ibarat sebuah kurva, sinar muncul perlahan saat terbit, dan akan semakin menguat hingga puncaknya pada siang hari, lalu berkurang perlahan saat akan tenggelam.

Dari kurva seperti pada gambar diatas (sebagai garis kuning), matahari mempunyai waktu optimasl untuk diserap panel surya / solar cell antara jam 10.00 sampai jam 15.00 atau setara lebih kurang 5 jam perhari.

Apa yang terjadi pada panel surya?
Panel surya / solar cell akan menghasilkan energi selama puncak penyinaran saja yaitu kurang lebih 5 jam/hari atau jika dihitung berdasarkan kWh setara dengan 5 kWh/hari dengan variasi kurang lebih 30%. Variasi ini dipengaruhi kondisi iklim, lokasi, vegetasi, tampilan muka bumi dan lain sebagainya.

Di negara kita Indonesia, produksi energi terbesar berada di wilayah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan beberapa daerah Papua. Yang mengejutkan produksi terkecil justru di Jakarta dan sekitarnya. Padahal sinar matahari di Jakarta kalau terkena kulit panas banget ya.

Energi listrik tenaga surya mengalir kemana?
Energi listrik yang dihasilkan akan dipakai untuk mengaliri keperluan listrik perumahan / bangunan secara langsung (Grid Tie) atau disimpan dahulu untuk dipakai kedepannya (disimpan baterai).

Cara kerja sistem panel surya disaat fajar, sore dan malam hari?

Sistem kerja panel surya tetap bisa berjalan dengan sempurna karena bantuan baterai tadi. Jadi tak usah khawatir sistem solar cell tidak bisa dipakai pada fajar, sore atau malam hari, karena sistem tetap akan berfungsi normal.
cara kerja sistem panel solar cell
Cara kerja sistem panel surya

Lalu apa itu proses catu daya pada listrik?
Catu daya merupakan sebuah sistem pengisian aki, sehingga bisa menjadikan cadangan daya agar digunakan nanti atau sewaktu-waktu saat  aliran listrik utama pada PLN atau genset tidak dapat mengalirkan aliran listrik.

Apa sistem listrik panel surya membahayakan?
Hampir semua sistem listrik pasti berbahaya, kalau tidak bisa mengikuti petunjuk dan standar penggunaan yang benar. Anda harus tahu segala resikonya dan tetap berhati-hati agar aman. Salah satu caranya memahami cara kerja sistem panel surya solar cell secara aman.

Apa benar sistem panel surya ini mahal?
Pertanyaan ini tergantung dimana Anda memesannya, karena yang saya tahu panel surya untuk pembangkit listik telah mengalami penurunan harga yang cukup signifikan akhir-akhir ini. Jadi sekarang sistem panel surya ini mempunyai harga yang terjangkau.

Bagaimana cara kerja sistem panel surya solar cell secara rinci?

cara kerja sistem solar cell pada rumah
Cara kerja sistem solar panel rumah
Cara kerjanya sebenarnya mudah :

1. Panel surya memproduksi listrik dengan perantara solusi Photovoltaik.
2. Listrik ini diproduksi agar dipakai secara langsung (VDC sistem), seperti untuk peralatan elektronik, pompa air, lampu, radio dan lain sebagainya.
3. Dengan menggunakan inverter (VAC sistem), listrik bisa juga dipakai untuk peralatan rumah tangga, seperti TV, kulkas, AC, mesin cuci dan peralatan listrik lainnya.
4. Aliran listrik pada baterai simpanan sistem panel surya / solar cell bertahan sampai 24 jam.

Hal yang harus diketahui pada sistem panel surya :
1. Gunakan produk berkualitas, jangan hanya murah.
2. Pastikan kabel dan segala koneksi yang terhubung bekerja dengan baik.
3. Pastikan panel surya tidak terhalang oleh bayangan pohon atau gedung misalnya.
4. Konsultasikan terus dengan tenaga ahli profesional, agar mendapatkan informasi lengkap terbaru mengenai sistem panel surya.

Apa Anda sudah siap untuk mencobanya?! Jika Anda membutuhkan dan ingin memesan panel surya beserta pemasangannya, Anda bisa kunjungi website jual panel surya murah yang beralamat di Surabaya dengan website bernama www.solarcellsurya.com.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | | |