Cara Mudah Setting Receiver Parabola untuk Pemula

Label:
Jika Anda sudah membeli receiver parabola, namun bingung cara setting receiver parabola yang benar ? pada ulasan kali ini saya akan coba memberitahu kepada Anda cara mengaturnya. Hal seperti ini memang selalu dialami oleh pemula yang ingin menonton tayangan melalui satelit dengan membeli receiver parabola.

Biasanya tampilan menu receiver awal adalah sebagai berikut :
  • Daftar Satelit
  • Saluran TV
  • Saluran Radio dan
  • Buat Saluran Baru 
Satelite List (Daftar Satelit):
Pada menu daftar satelit berisi daftar semua satelit yang sudah di simpan dari hasil scanning channel oleh pabriknya, dan yang sering terjadi receiver parabola tidak dapat menyimpan daftar/nama satelit jika tidak ada satupun channel yang bisa discan saat proses pencarian channel. Tapi dalam daftar satelit bawaan pabrik hal itu tidak terjadi karena sudah tersimpan pada memori bawaan pabrik dan Anda akan tetap dapat menemukannya dalam menu satelite list.

Saluran TV & Saluran Radio:
Dalam menu "List TV Channel atau Radio Channel"(Saluran TV atau Saluran Radio) umumnya berisi semua channel yang sudah ada pada memory receiver bawaan pabrik dan channel siaran tersebut tidak bisa dihilangkan secara manual, ini bertujuan jika suatu saat anda kehilangan semua channel, makan anda dapat mengembalikannya ke setinggan pabrik. Maka channel akan muncul kembali, tapi harus di update lagi.

Buat Saluran Baru (New Channel):
Sama halnya dengan pencarian satelit baru, pada new channel atau saluran baru merupakan menu untuk mencari daftar channel siaran dari salah satu satelit yang akan di tracking.

Sebelum tracking satelit dan menscan channel nya pastikan pilihan untuk mencari saluran pilih yang gratis atau FTA (Free to Air). Tapi kalau Anda ingin mencoba boleh memilih All Channel (semua kanal) yang hasilnya akan berisi kanal-kanal fta dan channel premium (berbayar). 

Namun Anda tidak dapat menonton channel berbayar karena siaran tersebut di acak menggunakan kode tertentu atau encrypt code, untuk tipe sekarang menggunakan voucher jika ingin menikmati siaran berbayar. Setelah scanning selesai jangan lupa untuk melakukan penyimpanan dengan membuat satelit baru dengan list channelnya.

Tracking satelit dengan terlebih dahulu memasukkan data frekuensi channel, frekuensi LNB, symbol rate serta polarisasi nya. Untuk memasukan frekuensi, symbol rate maupun polarisasi anda harus masuk dulu ke Satelit (buat baru jika belum ada namanya) kemudian edit TP nya, disana akan ada pengaturan frekuensi, symbol rate dan polarisasinya,

Sebagai contoh :
Frequency : 4567 (4,567 Ghz) untuk Cband, 11.345 (11,345 Ghz) untuk Ku Band
Frequency LNB : 515 Mhz untuk Cband, 9.760-10.600 untuk LNB Ku Band (Universal)
Klik gambar untuk memperbesar
Gambar dengan dominasi kuning merupakan daftar channel TV dan radio satelit. Sedangkan yang berwarna biru merupakan contoh tampilan menu setting frekuensi di menu receiver tertentu. 

Symbol rate atau simbol nilai adalah nilai satuan pemodulasi data yang biasa diberi nilai bit/second. Polaritas atau polarisasi adalah salah satu metode pengiriman sinyal yang dibedakan menjadi Vertical (V)  maupun Horizontal (H). Jika pada settingan Anda bisa seperti gambar diatas maka Anda siap untuk melakukan scanning channel dengan menekan OK.

Bagi Anda yang ingin membeli dan menggunakan receiver parabola murah dengan kualitas tampilan HDE dan mempunyai banyak fitur, dapat Anda kunjungi website berikut : Jual receiver parabola murah berkualitas terbaru.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |