Makanan Khas Bandung yang Maknyus

Makanan Khas Bandung yang Maknyus - Bandung merupakan kota yang terkenal dengan sebutan paris van java. Karena ibu kota jawa barat ini memang menjadi daya tarik para wisatawan lokal untuk berbelanja model-model baju yang berbagai gaya dan modif. Setelah sebelumnya kita juga telah membahas makanan penyubur kandungan, manfaat yoghurt dan khasiat minyak zaitun. Yuk kita bahas lebih dalam tentang makanan khas bandung.

Tapi tahukah anda selain sebagai kota 'modif' pakaian, kota ini juga terkenal dengan makanan khas bandung yang maknyus. Berbagai kuliner tersedia diberbagai sudut-sudut kota, dipinggiran jalan terpampang dengan jelas toko ataupun warung yang menjajakan dagangannya untuk para wisatawan ataupun warga bandung sendiri.
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Makanan Khas Bandung
Kawasan tradisional dikota ini seperti pasar baru, pasar gedebage dan pasar andir. Menjadi pusat oleh-oleh dan makanan khas bandung yang cukup lengkap. Disini anda bisa temukan berbagai kuliner yang membuat anda menelan air liur anda sendiri. 

Potensi kuliner khususnya seperti tutug oncom, serabi, pepes, dan colenak juga terus berkembang di kota ini. Selain itu Cireng juga telah menjadi sajian makanan khas bandung, sementara Peuyeum sejenis tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi, secara luas juga dikenal oleh masyarakat di pulau Jawa.

Kumpulan Makanan Khas Bandung Secara Lengkap

Seperti yang info-asik sebutkan diatas, makanan khas itu memang sudah menjadi ciri dari kota bandung. Dan mari kita bahas secara detail dan lengkap.

1. Tutug Oncom
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Nama Tugug Oncom, tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Sunda. Makanan ini, sering dihidangkan disetiap rumah-rumah masyarakat di tatar Sunda. Bahkan, kini makanan tersebut sudah dijual di warung-warung makan yang memiliki menu masakan khas Sunda.
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom.
Nasi tutug oncom menjadi makanan khas Tasikmalaya. Walaupun menjadi makanan khas, tutug oncom tidak dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena mudah hilang cita rasanya dalam jangka waktu yang tidak lama setelah diracik.

2. Serabi Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Serabi awalnya dibuat dari tepung beras, pandan, vanilla, gula, santan kelapa dan garam tanpa bahan pengawet.  Istimewanya, tepung beras ditumbuk secara tadisional agar rasa gurihnya tetap terjaga. Selain dari bahan bakunya, serabi juga memiliki ciri khas dari cara dan proses memasaknya

Serabi dimasak menggunakan semacam cobek kecil yang terbuat dari tanah liat, dan dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Cara ini dipilih karena rasa serabi sehingga terasa lebih gurih. Jika dimasak dengan semacam wajan kecil dari alumunium misalnya, rasanya akan berbeda, dan tidak memiliki kekhasan tersendiri.

3. Pepes Nasi Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Pepes nasi merupakan menu favorit para orang bandung. Ragam pepes mulai dari pepes usus, pepes ikan mas, pepes teri medan, pepes jamur, pepes tahu, pepes ikan peda dan pepes nasi. Untuk pepes yg terakhir ini terus terang kami belum pernah coba langsung dari sang pionir. Pas ke Bandung pasti tidak sempet hunting. Malah nemu resep pepes nasi, langsung deh dicoba. Semua resepnya sama. Percobaan pertama pas ada temen kantor dan istrinya datang ke rumah, semua bilang "enak sekali".




4. Colenak Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Colenak, nama yang unik untuk sebuah makanan. Tidak hanya namanya, rasa yang tercipta juga berikan cita rasa khas dan spesial. Paduan tape dengan gula merah, berikan nikmat di setiap gigitan camilan para juragan ini.

Ya, memang colenak sudah menjadi santapan para juragan keraton pada masa penjajahan Indonesia dulu. Pemilik Colenak Murdi Putra, Ajah Sofya, mengungkapkan colenak Murdi Putra ini sudah ada sejak tahun 1930. Nama Murdi Putra sendiri merupakan nama ayahanda Ajah.


5. Cireng Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Cireng merupakan nama unik dari makanan ringan, yaitu Aci Di Goreng, cara makannya yaitu dicocol sama saos. seperti halnya makan Naget. Kalo mau coba buat sendiri juga bisa. Dengan bentuk dan rasanya yang berbagai macam menjadikan makanan ini wajib dicoba kalau anda sedang dibandung. Rasa cireng ada berbagai macam seperti rasa keju, kornet, oncom, sosis, kacang, bakso, daging ayam, daging sapi dan lain-lain.





Lengkap sudah makanan khas bandung yang maknyus telah kita bahas diatas, dengan modal anda membaca artikel ini setidaknya ketika anda melancong ke kota 'bunga' bandung tidak bingung membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |