Khasiat Temulawak yang Sebenarnya

Author: Label:

Khasiat Temulawak yang Sebenarnya

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Banyak sekali Khasiat Temulawak yang SebenarnyaTanaman ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil dengan menggunakan teknologi budidaya yang sederhana, karena itu sulit menentukan letak sentra penanaman temulawak di Indonesia. Hampir di setiap daerah pedesaan, terutama di dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.

Banyak nama lokal untuk temulawak. Misalnya, Koneng gede (Jawa barat) dan Temu labak (Jawa dan Madura). Temulawak termasuk keluarga Zingibereaceal dan berkembang biak ditanah tegalan sekitar pemukiman, terutama pada tanah gembur, sehingga buah rimpangnya mudah berkembang menjadi besar. 

img

Temulawak batang pohonnya berbentuk batang semu, daunnya lebar dan pada setiap helai daun dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Bunganya berbentuk unik bergerombol dan berwarna kuning tua, rimapng temulawak sejak lama dikenalsebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.

Khasiat Temulawak yang Sebenarnya

Berikut adalah manfaat atau khasiat dari tanaman temulawak :

1.    Mencegah penyakit hati
2.    Menurunkan kadar kolesterol
3.    Anti inflamasi/radang
4.    Peluruh kencing
5.    Menghilangkan nyeri sandi
6.    Mengobati sakit limfa
7.    Mengobati sakit pinggang
8.    Mengobati sakit kepala
9.    Mencegah maag
10.  Mengobati asma
11.  Mengobati masuk angin
12.  Mengobati sakit perut
13.  Bisa memperlancar produksi ASI
14.  Membuat daya nafsu makan
16.  Mengobati cacar air
17.  Mengobati sariawan
18.  Mengurangi sakit rematik
20.  Mengobati kanker stadium dini

Tanaman khas Indonesia yang memiliki potensi luar biasa ini, tak kalah dari gingseng korea, bahkan, menurut penelitian temulawak lebih unggul dari pada gingseng. Temulawak merupakan obat herbal yang memang sangat manjur.

Itulah sekitar 20 khasiat temulawak yang sebenarnya. Penggunaan temulawak pada prinsipnya sama dengan kunyit maupun kencur yaitu diperut. Kecuali untuk sakit ginjal. Satu rimpang temulawak, ditambahkan segenggam  daun meniran dengan 4 gelas air, direbus hingga airnya tinggal setengahnya, minum 3 kali dalam sehari.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |