Cara Merawat Hamster yang Benar

Memiliki hewan peliharaan seimut hamster, anda harus tahu Cara Merawat Hamster yang BenarKarena memang hamster harus selalu bersih dan sehat. Supaya kita sebagai pemiliknya merasa senang melihat keimutan hamster kita. Ada yang bilang merawat hamster itu susah-susah gampang, memang benar kok.

Cara Merawat hamster, si imut yang merupakan binatang sejenis hewan pengerat ini, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang mini membuat hamster mudah untuk dibawah kemana-mana dan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya.


cara merawat hamster
Berikut langkah-langkah dan cara merawat hamster yang benar dan baik :
  • Pastikan anda membeli habitat/kandang untuk merawat hamster yang memadai dalam ruang dan cocok untuk kebutuhan hamster. Jika Anda membeli kandang kawat sebagai perawatan hamster, perlu diingat bahwa kandang yang paling banyak terjual untuk merawat hamster terlalu kecil dan tidak memungkinkan untuk memasukkan semua mainan.
  • Hamster dapat dirawat dalam 1 kandang, tapi ingat bahwa perkelahian mematikan dapat  terjadi setiap saat. hamster yang menerima diri mereka sendiri tidak "bermain" satu sama lain, mereka tinggal di tempat yang berbeda di dalam kandang. Jika hamster tidur bersama, jangan berpikir bahwa mereka menjadi teman, itu hanya dengan insting.
  • Dari segi kebutuhan yaitu adanya tempat minum, makanan, mainan, dan sebuah roda latihan yang cocok untuk jenis hamster yang ingin anda rawat. Gunakan Care Fresh, Critter Care, atau tempat tidur kertas robek. Serutan kayu tidak baik untuk hamster dan tidak termasuk pada perawatan hamster, karena menyebabkan masalah kesehatan dan mengandung minyak yang berbahaya.
  • Pastikan kandang untuk merawat hamster aman. Pastikan semua lubang ditutup bahkan jika terletak di bagian atas kandang (hamster cukup baik dalam mendaki). Tentunya ini merupakan cara merawat hamster yang perlu diperhatikan bila anda tidak ingin kehilangan hamster.

Cara Merawat Hamster yang Benar

Tambahan untuk anda para pecinta hamster, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan ini memang sangat penting dalam cara merawat hamster  :
  1. Pastikan anda memiliki banyak mainan untuk hamster. Mainan seperti gulungan kertas toilet, kotak tisu kosong, tabung, terowongan, pipa PVC, dan bola, ini termasuk mainan yang disukai hamster.
  2. Pemilik hamster kebanyakan hanya memberikan hamster roda dan bola untuk menyenangkan hamster. Akibatnya, hamster akan mulai memiliki kebiasaan tidak sehat seperti mondar-mandir atau mengunyah jeruji kandang kawat. 
  3. Kandang harus dibersihkan secara rutin. Jangan menggunakan sabun sembarangan, merawat rumah hamster cukup membilas dengan air. Sisa sabun dapat berakibat fatal bagi teman berbulu Anda.
  4. Gunakan sabun khusus hamster atau sabun pembersih hewan pengerat. Tempat tidur tidak boleh menggunakan kertas koran sebagai cara merawat rumah hamster, untuk mencegah hamster menjilati tinta pada kertas koran.
Dari poin-poin yang dibahas diatas, kita bisa simpulkan bahwa cara merawat hamster yang benar memang perlu telaten dan rajin dalam mengurusnya. Hewan seimut hamster memang harus sehat dan bersih agar kita memiliharanya tidak sia-sia. Semoga bermanfaat ya.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »