Pahami 5 Cara Jaga Kesehatan Tulang Punggung yang Benar

Tulang punggung merupakan bagian yang penting bagi tubuh manusia. Bagian ini tidak sekadar menjadi penopang dan pembentuk postur tubuh, tetapi juga melindungi sumsum tulang belakang yang berisi jaringan saraf yang sangat vital. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan tulang belakang adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi.

Nyeri tulang punggung umumnya terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang salah. Ini yang sebaiknya Anda lakukan untuk menjaga tulang punggung tetap sehat :

1. Perhatikan posisi duduk
Duduklah dengan cara yang benar, yakni dengan menempelkan seluruh punggung ke sandaran kursi yang tegak, dan meletakkan telapak kaki di lantai, tidak menggantung atau selonjor.

2. Jangan tergesa-gesa
Jangan berjalan tergesa-gesa atau terlalu cepat. Jalanlah dengan punggung lurus dan perut 'dikunci', pandangan ke depan, dan bahu tidak melengkung ke depan.

3. Ambil barang dengan posisi tepat
Tekuklah lutut terlebih dahulu sebelum mengambil barang di lantai. Dekatkan barang dengan badan, ambil barang di lantai, tegakkan tubuh, baru kemudian lutut diluruskan kembali.

4. Perhatikan posisi tidur
Tidurlah dengan posisi telentang atau miring pada kasur yang padat. Saat tidur telentang, gunakan bantal tipis di kepala dan bantal guling di belakang lutut. 


Apabila posisi tidur miring, letakkan bantal tipis pada bagian depan perut, begitu juga pada tungkai yang berada di atasnya, dan ditekuk sedikit pada sendi paha dan sendi lutut.

5. Gunakan alat terapi
Menggunakan alat terapi tulang untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit yang menyerang seperti saraf kejepit sangat dibutuhkan. Untuk membeli alat terapi kesehatan saya sarankan menggunakan Luvina Back Stretcher.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | |