Cara Memenuhi Kebutuhan Oksigen Didalam Otak

Berat otak memang tidak terlalu besar, hanya sekitar dua persen dari berat badan. Akan tetapi, otak memiliki kebutuhan oksigen yang paling banyak di antara organ-organ lainnya. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, tentu akan ada banyak masalah yang mungkin timbul.

Kebutuhan oksigen otak 20 persen. Jangan sampai kekurangan oksigen. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen otak ini, ahli memberikan 4 kiat yang bisa diterapkan oleh masyarakat. Berikut ini ialah kiat-kiatnya.

Hindari Polusi

Salah satu kiat untuk memenuhi kebutuhan oksigen otak ialah dengan menjaga kebersihan udara di sekitar. Kebersihan udara ini dapat dilakukan dengan menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya polusi udara.

Volume Darah Cukup
Hal yang tak kalah penting dalam pemenuhan kebutuhan oksigen otak ialah memastikan bahwa oksigen yang masuk ke dalam tubuh sampai ke jaringan-jaringan tubuh, termasuk otak. Karena oksigen diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah, maka volume darah juga harus terjaga.

Yang mengikat oksigen merupakan hemoglobin, jangan sampai kurang, jangan sampai anemia. Anemia, dapat disebabkan oleh banyak hal. Akan tetapi, umumnya anemia terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Agar terhindar dari anemia, konsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Jaga Kondisi Pembuluh Darah
Selain volume darah yang cukup, kondisi pembuluh darah yang baik juga menentukan kelancaran peredaran oksigen ke otak. Perjalanan oksigen mencapai otak bisa terhambat jika pembuluh darah mengalami penebalan atau pengerasan yang dikenal dengan istilah arteriosklerosis.

Arteriosklerosis, terjadi akibat adanya penumpukan plak atau ateroma yang di antaranya terdiri dari lemak dan kolesterol. Arteriosklerosis ini terjadi akibat kadar kolesterol yang tinggi. Pencegahan yang bisa dilakukan ialah menggunakan kalung dan gelang kesehatan, menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Hidup Sehat
Di samping menjaga makanan, pemenuhan oksigen ke otak juga bisa dibantu dengan melakukan olahraga yang teratur. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kapasitas pengangkutan oksigen ke berbagai jaringan tubuh, termasuk otak.

Di samping itu, jangan lupakan hidrasi. Mengingat darah juga terdiri dari plasma yang merupakan cairan, maka kekurangan cairan tubuh juga dapat menghambat proses peredaran oksigen yang diangkut darah ke berbagai area tubuh seperti otak.

Menjaga berat badan yang sehat. Kondisi kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko dari arteriosklerosis.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | |