Cara Mengecek Apakah Tubuh Kita Kurang Tidur?

Susah tidur adalah hal yang paling menyebalkan. Apalagi ketika Anda telah menjalani hari yang berat, keinginan untuk beristirahat pasti menjadi tujuan utama saat sampai ke rumah.

Tapi, Anda hanya bisa berbaring di atas tempat tidur, tanpa bisa terlelap, sungguh mengesalkan. Namun, tahukah Anda bahwa 1 dari 3 manusia mengalami gangguan tidur yang berat? Kebanyakan dari manusia hanya mendapatkan 6 jam tidur di malam hari, padahal dibutuhkan 8 jam untuk kualitas tidur yang baik.

Jika Anda juga mengalami masalah susah tidur ini, melakukan yoga untuk penderita insomnia mungkin menjadi salah satu cara. Namun, bagi Anda yang tidak masalah untuk terlelap, namun tidak mendapatkan tidur yang nyenyak, sebaiknya ketahui apa yang salah dari pola tidur Anda.

Gangguan tidur tak hanya merusak mood seseorang, namun masalah ini dapat membuat seseorang menjadi susah fokus. Selain itu, problema ini dapat merujuk pada penyakit kesehatan seperti obesitas, diabetes dan gangguan jantung. Namun, bagaimana cara mengetahui apakah Anda kurang tidur atau hanya kelelahan?

Menurut ahli, yang Anda butuhkan hanya sendok dan nampan logam untuk mengetahuinya. Penelitian yang dilakukan di Amerika ini dapat menunjukkan apakah Anda menderita gangguan kurang tidur.

Yang harus Anda lakukan adalah berbaring di ruangan yang sunyi dan gelap pada siang hari. Genggam sendok di tepi tempat tidur. Lalu, letakkan nampan logam di lantai bawah tempat tidur Anda, dan pejamkan mata. Tes ini dirancang untuk mengetahui apakah Anda dapat tertidur, dan jika ya, seberapa cepat Anda hanyut dalam tidur Anda.

Begitu Anda tertidur, sendok tersebut akan terlepas dari jari Anda yang lama-kelamaan tak berdaya, dan terjatuh di nampan logam sehingga menimbulkan bunyi gaduh. Bunyi tersebut dapat membangunkan Anda, kecuali jika Anda adalah orang yang dapat cepat tertidur lelap.

Segera setelah terbangun, Anda harus mengecek jam dan melihat berapa lama Anda terhanyut hingga akhirnya tertidur. Jika Anda dapat pergi tidur dalam waktu 5 menit, berarti Anda mengalami gangguan kurang tidur yang parah, cobalah rutin minum ion kalsium InfinyCal. Sedangkan jika Anda menjatuhkan sendok dalam waktu 10 menit, Anda mengalami gangguan untuk bisa tidur nyenyak. Dan bila Anda terlelap lebih dari 15 menit, itu tandanya tubuh Anda baik-baik saja.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |