Inilah 6 Cara Memperlancar Pencernaan Secara Tepat

Setiap hari, saluran pencernaan memproses makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh Anda. Proses ini terus berjalan, bahkan saat Anda sedang tidur, istirahat atau sedang bekerja. Itulah sebabnya, sangat penting menjaga kesehatan saluran cerna agar proses mencerna makanan tertap lancar, dan Anda pun bisa mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Untuk menjaga saluran cerna agar selalu sehat, ikuti 6 langkah berikut untuk menciptakan pencernaan sehat :

  

1. Makanlah makanan sehat
Terutama makanan yang kaya serat seperti buah, buah, sereal atau biji-bijian. Serat memperbaiki pergerakan usus dan membentuk konsistensi dan kepadatan tinja sehingga mencegah sembelit. Sebagian jenis serat juga merupakan prebiotik atau ‘bahan bakar’ yang membantu bakteri baik di dalam usus berkembang biak. Bakteri ini akan meningkatkan kesehatan saluran cerna.

2.  Makan secukupnya, perlahan dan teratur
Makan dalam porsi cukup dimaksudkan agar tidak memberikan beban berlebihan pada saluran cerna. Selain itu, Anda juga perlu makan perlahan dan mengunyah makanan dengan baik di dalam mulut, sehingga sesampainya di usus, makanan lebih mudah dicerna. Sedangkan makan teratur akan menghindarkan Anda dari makan berlebihan karena terlalu lapar.

3. Olahraga teratur
Olahraga teratur membantu menguatkan otot perut dan menstimulasi otot-otot usus untuk mendorong isi saluran cerna.

4. Atur tingkat stres
Stress memengaruhi saraf di saluran cerna dan memengaruhi keseimbangan pencernaan. Pada sebagian orang, stres memperlambat proses pencernaan, menyebabkan kembung, sakit perut, dan sembelit.

5. Berhenti merokok
Merokok menurunkan tekanan pada penghubung antara lambung dan kerongkongan, sehingga memicu aliran balik asam lambung ke kerongkongan.

6. Konsumsi ion kalsium
Ion kalsium disini adalah InfinyCal. Sebuah ion kalsium yang sangat baik untuk pencernaan Anda. Jika Anda rutin meminumnya, maka akan terjadi proses yang lancar terhadap pencernaan anda. Karena infinycal terbuat dari bahan alami yaitu kulit kerang mutiara. Untuk info dan manfaat yang lebih jelas, Anda bisa kunjungi website Matrixshop.co.id.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags |