Mengenal Bitcoin Sebagai Mata Uang Teknologi Terbaru

Dalam dunia bisnis online, mata uang digital mutlak diperlukan. Dengan adanya mata uang digital ini, maka transaksi bisnis antar negara menjadi tidak terbatas jarak dan waktu. Saat ini beberapa mata uang digital yang sudah sering digunakan adalah Paypal, Payza, Moneybookers, e-Gold dan juga Liberty Reserve.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini ada teknologi terbaru dalam bertransaksi dengan mata uang digital. Mata uang digital sebagai pengganti emas dengan teknologi terbaru tersebut adalah Bitcoin. Apa itu Mata Uang Bitcoin?

Bitcoin merupakan gabungan berbagai teknologi dari cryptografi, ekonomi dan network yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh enginner oleh Satoshi Nakamoto. Teknlogi ini sudah mengakomodir program jaringan peer-to-peer yang canggih sehingga aman digunaan. Penggunaan mata uang ini semakin meningkat, bahkan pada tahun 2012 lalu titik transaksi tertinggi berhasil diraih dengan transaksi mencapai 58.000 per hari. Transaksi ini berlangusng stabil dengan rata-rata 50.000 transaksi per harinya.

Sistem dan Cara Kerja Bitcoin
Bitcoin saat ini sudah diakui oleh badan keuangan pemerintah dari banyak Negara di dunia(Bank negara) dan badan keuangan dunia (Bank Dunia, IMF dan lain lain). Bitcoin mempunyai sebuah struktur database terenkripsi yang diberi nama BlockChain yang menghubungkan seluruh pengguna Bitcoin dalam jaringan Peer-To-Peer (Computer to Computer). BlockChain inilah yang nanti akan menghubungkan sesama pengguna Bitcoin dalam bertransaksi.
apa itu bitcoin
Bitcoin
Memulai Menggunakan Bitcoin
Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum bertransaksi dengan bitcoin, adalah menyiapkan Bitcoin Wallet yang nantinya akan digunakan untuk menampung bitcoin nantinya. Beberapa e-Wallet yang bisa anda gunakan sebagai berikut :

BlockChain
CoinBase
WalletBit

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?
Setidaknya ada 2 cara untuk mendapatkan bitcoin yaitu :

Bonus Program
Mining

Untuk teknik mining ini, anda diminta untuk menyelesaikan rumus matematika untuk menemukan blok kode (terdiri dari 34 karakter alfa numerik) Bitcoin yang tersembunyi. Jika anda sudah menemukannya, maka 1 kode anda bernilai 1 Bitcoin. Kode ini bersifat unik dan tidak dapat digunakan lagi oleh orang lain dan hanya dibatasi 21 juta Bitcoin yang beredar di seluruh dunia. Selain itu Anda bisa berburu Bitcoin melalui beberapa situs sebagai berikut :

Bitcoin
Coinbase
MyWallet
Bitcoin Wallet
bitcoins4.me
coinad
bithits
bitcoiner
bitcoin4you
netlookup

Bagaimana cara menukar Bitcoin?
Anda harus menukarkan mata uang konvesional anda (IDR, USD, Yen, EURO, GBP dan lain lain) dengan Bitcoin melalui jasa exchange maker dan menyimpannya di dalam e-wallet sebelum anda bertransaksi. Selanjutnya saldo Bitcoin anda bisa diintegrasikan pada sistem cloud, flashdisk, dan juga hard disk pada personal computer anda. Jika anda ingin menggunakan saldo Bitcoin anda untuk bertransaksi di mata uang local anda, maka anda bisa menukarnya dengan mata uang di Negara anda.

Bahkan beberapa perusahaan besar saat ini sudah mengakui Bitcoin sebagai mata uang transaksi mereka seperti WordPress, Reddit, dan tidak menutup kemungkinan pada masa yang akan datang BtCoin bisa menjadi Bitcoin menjadi alat tukar global transaksi online di seluruh dunia. Perlu anda ketahui, bahwa saat ini nilai tukar 1 Bitcoin bisa mencapai nilai $98 atau hampir 1 juta rupiah. Selain wordpress dan Reddit masih banyak perusahaan lain yang melayani transaksi dengan Bitcoin diantaranya adalah :

Bit4X
FirstNationaLib
LiteForex
Bitmit
BitcoinMarketPlace

Keunggulan Bitcoin dibanding mata uang digital yang lainnya
Dengan menggunakan Bitcoin, maka anda akan merasa aman, karena mata uang ini tidak bisa diintervensi oleh individu, pemerintah suatu negara dan badan keuangan dunia dalam proses komputerisasi di dunia ini. Hal ini berbeda dengan mata uang lain, misalnya e-Gold yang mengclaim di back up oleh fisik emas yang tersimpan dan bisa di intervensi oleh pemegang saldo e-Gold terbanyak. Bitcoin menggunakan symbol ฿ seperti halnya pada symbol mata uang Baht dengan pecahan terkecil  0.00000001. Beberapa keunggulan lainnya adalah :

Sistem desentralisasi membuat peredaran Bitcoin bebas intervensi dan tidak bisa diatur oleh siapapun.
Transaksi bitcoin terjadi langsung dan tanpa perantara sehingga hemat biaya
Transaksi bersifat unlimited/tidak terbatas
System desentralisasi sehingga keamanan privasi pemilik saldo bitcoin sangat terjaga

Lokasi penukaran Bitcoin
Beberapa situs yang melayani penukaran Bitcoin diantaranya adalah :

Mtgox
bitcoincharts

Nah, bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menggunakan Bitcoin sebagai mata uang digital di masa yang akan datang?

Sumber : iMoney Indonesia
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | |