Penyebab Mimisan dan Cara Perawatannya

Penyebab mimisan dan cara perawatannya, mimisan atau istilah medisnya epistaksis, pada asalnya merupakan kondisi ringan yang diakibatkan erosi atau pecahnya jalinan pembuluh darah di bagian dalam selaput lendir hidung. Penyebab mimisan paling sering karena keringnya selaput lendir hidung sehingga pembuluh darah menjadi rapuh dan dapat pecah oleh sedikit saja benturan atau gosokan.
Penyebab Mimisan(info-asik.com)
Penyebab Mimisan
Setelah sebelumnya kita membahas tentang ciri-ciri anak indigo dan ciri-ciri penyakit jantung, maka pada kesempatan kali ini juga kita membahas tentang kesehatan lagi. Lanjut ke inti artikel kita, keringnya selaput lendir biasa terjadi pada kondisi udara yang kering dan ini yang paling sering terjadi pada penyebab mimisan. Seringnya mengorek-ngorek bagian dalam hidung, misalnya pada anak kecil, dan bersin atau mengeluarkan udara melalui hidung terlalu keras juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung dan terjadilah mimisan.

Beberapa penyakit yang juga dapat menjadi penyebab mimisan, di antaranya:
  • Infeksi
  • Peradangan hidung baik disebabkan oleh alergi maupun non-alergi.
  • Hipertensi
  • Penggunaan obat-obatan atau zat yang berdampak mengencerkan darah, seperti aspirin, warfarin, suplemen ginkgo biloba, dan lain sebagainya.
  • Konsumsi alkohol, terlebih dalam jumlah banyak.
  • Penyebab yang lebih jarang terjadi adalah kelainan pembekuan darah (biasanya diwariskan dalam keluarga) dan tumor di daerah hidung.

Penyebab Mimisan Selengkapnya

Setelah diatas sudah kita bahas bagaimana penyebab mimisan yang secara umum terjadi, maka pada sub judul ini kita akan membahas lebih detail lagi tentang penyebab mimisan dan cara perawatannya yang baik dan benar, silahkan disimak saja, kita sarikan dari wikipedia :

Secara lengkap penyebab mimisan dibagi dua yaitu :
  1. Lokal
  2. Sistemik
Lokal
Penyebab mimisan lokal terutama trauma, sering karena kecelakaan lalulintas, olah raga, (seperti karena pukulan pada hidung)yang disertai patah tulang hidung(seperti pada gambar di halaman ini),mengorek hidung yang terlalu keras sehingga luka pada mukosa hidung, adanya tumor di hidung, ada benda asing (sesuatu yang masuk ke hidung) biasanya pada anak-anak, atau lintah yang masuk ke hidung, dan infeksi atau peradangan hidung dan sinus (rinitis dan sinusitis).

Sistemik
Penyebab mimisan sistemik artinya penyakit yang tidak hanya terbatas pada hidung, yang sering meyebabkan mimisan adalah hipertensi, infeksi sistemik seperti penyakit demam berdarah, demam kuning, atau cikunguya, kelainan darah seperti hemofilia, autoimun trombositipenic purpura, dan leukemia.

Cara Perawatan untuk Penyakit Mimisan

Untuk cara perawatanya sebenarnya yang perlu anda ketahui yaitu dalam mengatasi penyebab mimisan tidak perlu panik dan khawatir, untuk lebih lengkapnya silahkan disimak saja cara perawatan yang benar bagi penderita mimisan yang kami dapat dari sumber terpercaya di google.

Cara mengatasi penyakit penyebab mimisan selengkapnya :

1. Cubit pada bagian lubang hidung dengan sangat lembut dan hati-hati memakai ibu jari dan jari telunjuk. Hal ini dilakukan untuk membendung aliran darah, setidaknya 5 menit.
2. Cobalah bernapas melalui mulut.
3. Duduk dengan tenang dan jaga kepala lebih tinggi daripada jantung.
4. Jangan berbaring atau meletakkan kepala di antara kaki.
5. Kompres hidung dan pipi dengan es yang dibungkus handuk.
Penyebab Mimisan(info-asik.com)
Setelah darah mimisan stop flowing, sekarang ada beberapa hal yang wajib anda lakukan :
  •  Istirahat dengan posisi kepala agak ditinggikan, sekitar 30 hingga 45 derajat.
  • Cobalah selalu menjaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung.
  • Jangan merokok.
  • Jangan mengejan saat buang air besar, sebaiknya gunakan pelunak kotoran atau pencahar.
  • Sementara jangan mengangkat benda yang berat.
  • Jangan meniup hidung atau memasukkan apapun ke dalamnya. Jika harus bersin, buka mulut anda sehingga udara akan keluar dari mulut bukan hidung.
  • Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman panas setidaknya selama 24 jam.
Sekarang sudah tahu kan, apa itu penyebab mimisan dan cara perawatannya?Jadi, kalau nanti anda atau orang terdekat anda sedang mengalami yang namanya mimisan ini, jangan lupa tips yang baru anda baca diatas untuk diterapkan dengan pada penderita mimisan.

Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »

Tags | |