Sejarah Perkembangan Internet Paling Lengkap

Sejarah Perkembangan Internet Paling Lengkap - Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya internet, pada jaman yang sudah serba canggih ini, segala aspek sekarang menggunakan fasilitas yang berhubungan dengan internet. Tapi tahukah anda sejarah perkembangan internet itu bagaimana? Dan kali ini info-asik akan memberikan informasi tersebut untuk menambah pengetahuan anda.

Mungkin anda sebagai pengguna yang setiap hari browsing internet menggunakan macam-macam web browser serta pula macam-macam search engine. Ingin sekedar mengetahui apa saja yang ada didalam internet dan tanda tanya besar pun menghinggapi anda yang ingin tahu lebih banyak sejarah perkembangan internet serta dampak negatif internet yang lebih luas.
Sejarah Perkembangan Internet Paling Lengkap
Sejarah Perkembangan Internet
Jumlah pengguna internet didunia yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Sejarah perkembangan internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Sejarah perkembangan Internet melambangkan penyebaran atau pengetahuan informasi dan data secara cepat.

Sejarah perkembangan internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini menjadi sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce atau jual beli online.

Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia

Setelah tadi diatas kita mengutip sedikit bagaimana sejarah perkembangan internet yang semakin terus maju dan berkembang pesat, nah dibawah ini kita akan membahas bagaimana sejarah perkembangan internet paling lengkap yang ada di indonesia, monggo disimak ya.

Sejarah perkembangan internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu ada sebuah jaringan internet di Indonesia, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana sejarah perkembangan Internet Indonesia kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Dalam sejarah perkembangan internet, berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal sejarah perkembangan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. 

Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah perkembangan internet di Indonesia. Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS yang saat itu berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio" di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989.

Mungkin itulah sedikit cuplikan mengenai sejarah perkembangan internet yang berlaku pada negara tercinta kita indonesia, mungkin dengan demikian anda sedikit menambah wawasan anda tentang informasi sejarah perkembangan internet di indonesia.

Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia

Setelah tadi bagaimana dibahas tentang sejarah perkembangan internet didalam negeri kita. Kali ini yang akan kita bahas adalah sejarah perkembangan internet yang ada didunia atau mancanegara yang lebih kompleks dalam pembahasannya. Jadi, silahkan disimak dengan seksama.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dalam sejarah perkembangan internet mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal  sejarah perkembangan internet dan pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Dalam sejarah perkembangan internet, pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya dan merupakan awal dari sejarah perkembangan internet.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan dan ini terbentuknya sejarah perkebangan internet dan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.
Sejarah Perkembangan Internet Paling Lengkap


Sejarah Perkembangan Internet Pada Saat Sekarang

Dalam sejarah perkembangan internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sejarah perkembangan internet merupakan sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Sejarah perkembangan internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. 

Selain itu melalui dalam sejarah perkembangan internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter, dan lain sebagainya. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Demikianlah artikel tentang sejarah perkembangan internet paling lengkap yang bisa kami berikan kepada anda semua. Semoga dengan adanya informasi diatas, bisa menjadi rujukan ataupun referensi anda serta pengetahuan dan wawasan yang luas kepada anda semua. Disarikan dari situs wikipedia

Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »