Manfaat Jaringan Komputer Secara Detail

Manfaat Jaringan Komputer Secara Detail - Anda bingung mencari artikel tentang manfaat jaringan komputer? Mari kita bahas secara lengkap beberapa penjelasan dibawah ini. Pengertian jaringan komputer sendiri yaitu sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer dan perangkat jaringan utama yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari manfaat jaringan komputer meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta layanan disebut klien dan yang memberikan layanan disebut pelayan / server. Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Manfaat Jaringan Komputer Secara Detail
Manfaat Jaringan Komputer
Dalam kenyataannya sering kita jumpai jaringan komputer ini biasanya kita temukan pada sekolah-sekolah dan juga kantor perusahaan. Demi terciptanya ruang lingkup yang lebih nyaman karena masih dalam satu hubungan dan saat melakukan browsing pada internet (baca kegunaan internet dan fungsi internet) merasa aman yang dimaksud disini bisa terhindar dari hacker.


Tujuan Jaringan Komputer Pada Perusahaan

Manfaat jaringan komputer secara detail bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum. 

Baik, kita akan bahas satu persatu dulu. Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan komputer pada suatu perusahaan adalah:

Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.

Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer

High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.

Memang tidak semua perusahaan memakai sistem jaringan komputer, akan tetapi di jaman yang sudah berkembang cepat teknologinya. Perusahaan kecil pun dituntut sudah menyediakan jaringan komputer dalam kantor kerjanya.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Umum

Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat 3 poin penting yang mejadi daya tarik jaringan komputer pada sebuah perosonal yaitu:
  • Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date).
  • Komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).
  • Hiburan interaktif (nonton acara tv online, radio streaming, download film atau lagu, dll).
Menjadi sebuah kesenangan tersendiri memang kalau kita sudah mempunyai jaringan komputer didalam rumah kita. Apalagi dengan sudah menjamurnya smartphone yang makin banyak bermunculan sepeti i-Phone dan Android yang dimana handphone tersebut dibutuhkan koneksi atau jaringan komputer yang memadai.

Tambahan Manfaat Jaringan Komputer

Dan berikut ini merupakan tambahan dari manfaat jaringan komputer dari info-asik yang kami dapat dari situs yang penuh ilmu wikipedia 
Manfaat Jaringan Komputer Secara Detail

1. Komunikasi
Pertukaran data dan informasi. Contoh : E-mail, Chatting, Instant Messaging

2. Berbagi Sumber Daya (Sharing Resouces)
Penggunaan bersama sumber daya jaringan komputer. Contoh : Printer, fax, koneksi internet, server, file, program.

3. Centralized Administration
Pengelolaan keseluruhan sistem dari satu tempat. Contoh : Active directory pada Windows 2000/2003 Server.

4. Centralized Security
Pemasangan perangkat keamanan pada satu tempat untuk mengamankan seluruh jaringan komputer. Contoh : Firewall

5. Integrasi Data
Pembagian beban pemrosesan data ke banyak komputer. Contoh : Sistem Terdistribusi 

6.Kerjasama
memungkinkan kolaborasi dari banyak orang bahkan sampai dalam cakupan global (seluruh dunia). Contoh : Workgroup, komunitas open source software. 

7. Efisiensi Biaya
Mengurangi Kebutuhan Hardware dan Software. Contoh : Diskless workstation. 

8. Efisiensi Waktu dan Tenaga
Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi. Contoh : File sharing via jaringan.

9.Peningkatan Produktivitas
Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta terjalinnya kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat.

Lengkap sudah penjelasan tentang manfaat jaringan komputer secara detail yang sudah info-asik.com paparkan diatas. Semoga memang menjadi tambahan ilmu anda tentang lebih luas jaringan komputer dan kegunaannya.
Yuk dapatkan update info asik dan menarik dengan cara Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter serta masuk di lingkaran saya di Google+.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Yuk : »